Punya wajah seperti robot bukan lagi khayalan, ini buktinya!

Punya wajah seperti robot bukan lagi khayalan, ini buktinya!

Techno.id - Pernah membayangkan mempunyai wajah layaknya robot? Jika iya, maka impian Anda tersebut mungkin akan segera terwujud.

Ya, kini ada sebuah teknologi canggih yang bisa membantu manusia mempunyai wajah seperti robot betulan. Anda bisa mempunyai wajah seperti robot betulan tanpa perlu repot-repot melakukan make-up karakter.

Nah, Anda hanya perlu menggunakan teknologi bernama Omote besutan Nobumichi Asai berikut ini. Sebagaimana dilansir oleh BusinessInsider (4/2/16), teknologi ini menggabungkan real-time face tracking dan juga teknologi video mapping yang biasa digunakan untuk membuat efek 3 dimensi di dinding sebuah bangunan.

Dalam video yang diunggah Asai di laman YouTube-nya, diperlihatkan bagaimana teknologi yang dibuat oleh tim peneliti (yang terdiri dari desainer digital, ahli CGI, dan make-up artis) mampu mengubah wajah seorang model menjadi beragam wajah robot dalam waktu yang singkat. Di video tersebut nampak wajah sang model dipindai lalu sistem nampak memetakan kontur wajah model.

Kemudian secara otomatis muncul grafis yang memanipulasi tampilan wajah model secara real-time menjadi wajah robot. Uniknya, teknologi ini dapat mengikuti gerakan wajah model dan tak terpaku pada satu proyeksi saja seperti pada teknologi proyektor konvensional.

Sayangnya, dalam video berdurasi 34 detik tersebut tak dijelaskan seberapa jauh proyeksi dari teknologi yang terinspirasi topeng tradisional Jepang tersebut mampu bergerak mengikuti model.

https://www.businessinsider.co.id/projector-changes-faces-2016-2/#.VrQkFdJ97IV

(brl/red)