Proyek pembangkit listrik matahari terbesar di dunia telah siap pakai

Proyek pembangkit listrik matahari terbesar di dunia telah siap pakai

Techno.id - Proyek pembangkit listrik tenaga matahari terbesar di dunia, Noor Consentrat Solar Power kabarnya kini telah siap digunakan. Kompleks pembangkit listrik yang terletak di Maroko ini kabarnya siap menghasilkan daya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik 1,1 juta rumah tangga pada tahun 2018 mendatang.

Sebagaimana dilansir oleh BGR (8/2/16), kompleks pembangkit listrik bertenaga matahari ini memang ditujukan untuk menyimpan cadangan energi untuk beberapa tahun ke depan. Kabarnya, energi yang telah tersimpan saat ini akan digunakan untuk menerangi Maroko saat malam hari dan saat mendung terjadi di negara yang masuk wilayah benua Afrika tersebut.

Disebutkan, saat ini kapasitas energi yang telah disiapkan adalah 160MW (megawatt). Namun, dalam dua tahun ke depan kapasitas akan diperluas hingga mampu menumpang energi sejumlah 500MW.

Proyek ini dikabarkan mampu mengurangi emisi karbon hingga 760 ribu ton per tahunnya. Artinya, jika sudah mulai beroperasi maka diperkirakan sekitar 17,5 juta ton emisi karbon atau setara lebih dari 25 tahun emisi yang dihasilkan manusia bisa berkurang.

Perlu Anda ketahui, proyek pembangkit listrik Noor Consentrat Solar Power ini sebenarnya masuk dalam rencana pemerintah Maroko untuk mempersiapkan negaranya menikmati energi terbarukan pada tahun 2020. Selama ini, negara tersebut diketahui masih sangat tergantung dengan impor energi dari bahan bakar fosil.

(brl/red)