Presiden Obama hamburkan dana triliunan untuk siswa jurusan komputer

Presiden Obama hamburkan dana triliunan untuk siswa jurusan komputer

Techno.id - Baru-baru ini, Presiden Obama menjanjikan bakal memberikan dana hingga Rp 54,7 triliun untuk sektor pendidikan, khususnya jurusan ilmu komputer di sekolah-sekolah Amerika Serikat. Presiden Obama rela melakukan hal ini karena ingin melihat para generasi muda menekankan pentingnya belajar di bidang (STEM) science, technology, engineering, and mathematics.

Tak hanya itu, Presiden Obama juga menjanjikan anggaran sebesar Rp 1,3 triliun untuk memberikan pelatihan kepada guru, memperluas akses menemukan bahan ajar yang berkualitas tinggi, dan membangun kemitraan regional yang efektif. Semua pendanaan ini akan dipasrahkan kepada Departemen Pendidikan untuk dibagikan secara merata, seperti yang disadur dari DigitalTrends (30/01/2016).

Lebih lanjut, dari dulu Presiden Obama selalu menekankan kepada para generasi muda untuk menekuni keahlian teknis. Pasalnya, keahlian teknis seperti ilmu komputer tersebut bukanlah keterampilan opsional melainkan suatu keterampilan dasar. Jadi, semua siswa di Amerika Serikat diharapkan bisa memiliki keahlian di bidang ilmu komputer.

"Dalam ekonomi baru, ilmu komputer bukan merupakan keterampilan opsional tetapi keterampilan dasar. Ekonomi kita cepat bergeser, sementara pendidik dan pemimpin bisnis semakin menyadari bahwa keterampilan dasar (ilmu komputer) sangat diperlukan untuk peluang ekonomi dan mobilitas sosial, " kata Presiden Obama.

Di sisi lain, saat ini industri teknologi sedang booming. Mereka membutuhkan individu-individu terampil, seperti insinyur komputer dan programmer. Namun, nampaknya kebutuhan tenaga terampil ini belum bisa tercukupi. Pasalnya, orang yang berkecimpung di bidang ilmu komputer bisa dibilang sedikit. Jadi, untuk mengubah hal ini, Presiden Obama akan memastikan semua generasi muda di Amerika Serikat akan mendapat pendidikan tentang ilmu komputer.

(brl/red)