PLTN Rusia bangun data center terbesar bertenaga nuklir

PLTN Rusia bangun data center terbesar bertenaga nuklir

Techno.id - Merujuk kebijakan pemerintah Rusia yang ingin menyimpan data warga di tanahnya sendiri, operator Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Rosenergoatom dilaporkan tengah membangun sebuah data center terbesar yang pernah ada di Rusia.

Sebagaimana dikutip dari The Register (27/11), data center ini akan disokong oleh pembangkit listrik tenaga nuklir Kalinin di Udomlya. Diklaim, pembangkit ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 80 megawatt guna menyuplai 10.000 rak data center.

Menurut informasi yang beredar, 10 persen dari kapasitas data center ini nantinya akan disimpan untuk perusahaan milik negara (BUMN). Sedangkan 90 persen sisanya akan disisihkan untuk kebutuhan komersil dari perusahaan-perusahaan lokal maupun asing.

Sementara itu, Rosenergoatom sendiri saat ini telah mengoperasikan sebanyak 10 PLTN dengan 33 unit reaktor. Mereka pun menargetkan diri untuk menambah jumlah reaktor hingga 59 unit di tahun 2030 mendatang.

Lebih lanjut, Rosenergoatom juga dikabarkan tengah melakukan negosiasi dengan Google dan Facebook. Adapun tujuan mereka tak lain adalah membuat duo raksasa internet itu bersedia memindahkan data penggunanya (dari Rusia) ke tanah Rusia itu sendiri.

(brl/red)