Perkenalkan, MakinPintar situs edukasi lokal buatan Unair dan JPI

Perkenalkan, MakinPintar situs edukasi lokal buatan Unair dan JPI

Techno.id - Sudah kenalkah Anda dengan MakinPintar? MakinPintar merupakan sebuah situs buatan Universitas Airlangga Surabaya dan PT Jaringan Pintar Indonesia (JPI) yang ditujukan untuk edukasi di Indonesia.

Dr. Soegianto Soelistino Ketua Pusat Pengembangan Teknologi dan Sistem Infomrasi Unair mengungkapkan jika www.makinpintar.com semata-mata dibuat untuk mengurangi kesenjangan pendidikan di Indonesia, terlebih kesenjangan antara pendidikan di daerah dan perkotaan.

"Konten dalam situs tersebut didukung oleh tulisan resmi dari blog yang dibuat oleh guru, sekolah, siswa yang digagas oleh Unair pada tahun 2011," tutur Dr Soegianto seperti dilansir oleh Antara (25/1/16).

Selain didukung oleh konten blogger, situs juga dapat membantu pengunjung mencari buku elektronik alias e-book yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Situs juga memuat jadwal acara yang ada hubungannya dengan pendidikan sehingga praktisi atau pelaku pendidikan di Indonesia bisa terus update dengan acara-acara yang bermutu.

Situs ini kabarnya juga dapat digunakan untuk memetakan ranking postingan berdasarkan pengguna. Menurut Bagas D Bawono Managing Director PT JPI itu akan memudahkan pengunjung mencari konten tulisan yang sesuai dengan minat dan terpopuler.

"Ke depannya pembelajaran online yang disediakan oleh laman www.makinpintar.com akan ditambahkan fitur-fitur seperti video conference dan teleconference, namun untuk sementara ini kami masih mengembangkan kolaborasi antara siswa, guru dan sekolah terlebih dahulu," jelas Bagas.

Hingga kini, situs MakinPintar telah memiliki anggota sekitar 23 ribu guru, 65 ribu siswa, dan enam ribu sekolah di seluruh Indonesia. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, situs MakinPintar kini kabarnya telah dibekali dengan tiga jenis filter untuk menjamin validitas identitas para pengguna.

(brl/red)