Peneliti temukan banyak foto 'jorok' pada smartphone bekas

Peneliti temukan banyak foto 'jorok' pada smartphone bekas

Techno.id - Setiap tahun smartphone baru terus rilis, sehingga banyak pengguna mengupgrade perangkat mereka menjadi lebih baru. Smartphone yang lama kebanyakan memang dijual, namun smartphone lama ini ternyata masih menyimpan data yang sensitif.

Hal ini ditemukan oleh peneliti dari Avast Software, para peneliti membeli 20 smartphone bekas dari beberapa kota di seluruh dunia. Kemudian ke 20 smartphone tersebut dipasang perangkat lunak untuk mengembalikan data.

Hasilnya, dari 20 smartphone tersebut banyak informasi pribadi ditemukan termasuk 200 foto dewasa, 1200 foto pribadi, 149 foto anak, faktur, lebih dari 300 email dan pesan teks, serta satu video yang sangat dewasa, dilansir oleh BGR.com.

"Ada dua smartphone yang pemilik sebelumnya lupa untuk log out dari akun Gmail mereka," jelas peneliti.

Lebih mengkhawatirkan lagi, 20 smartphone yang diteliti tidak semua melakukan Factory Reset. Walaupun sudah melakukan Factory Reset sebelum menjualnya, pada versi Android fitur ini ada yang tidak berfungsi sehingga data tidak terhapus sepenuhnya.

Namun, pada perangkat Android terbaru, fitur ini bisa diandalkan dibandingkan perangkat Android lawas. Nah, untuk itu Anda setidaknya harus hati-hati saat menjual smartphone bekas, pasalnya jika data sensitif ini berada di tangan yang salah maka sudah pasti Anda akan sangat dirugikan.

(brl/red)