Menristekdikti gelar ajang tahunan PIMNAS ke-28 di Sulawesi Tenggara

Menristekdikti gelar ajang tahunan PIMNAS ke-28 di Sulawesi Tenggara

Techno.id - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir sudah siap membuka pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-28 di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara pada tanggal 5-9 Oktober 2015.

Penyelenggaraan PIMNAS ini diprakarsai oleh semangat mahasiswa di seluruh Indonesia yang ingin menyajikan karya pikir kreatif dalam bidang ilmu pengetahuan, ilmu, dan seni. Ajang tahunan ini sudah dimulai sejak 1988 yang diwujudkan dengan diselenggarakannya Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Lomba Karya Inovatif Produktif (LKIP).

"PIMNAS menjadi ajang tahunan bagi mahasiswa seluruh Indonesia yang mempunyai prestasi terbaik dalam bidang ilmiah untuk memberikan solusi bagi perbaikan bangsa dan negara. Melalui PIMNAS ke-28 tersebut, diharapkan akan melahirkan calon-calon pemimpin bangsa masa depan yang pandangan luas serta memiliki semangat visioner," katanya.

Penyelenggaraan PIMNAS ke-28 ini bertujuan untuk menyediakan tempat bagi calon pemimpin bangsa dalam mengekspresikan kreativitas pada karya ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa agar dapat mandiri dan mampu berkompetensi untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa.

PIMNAS ke-28 ini akan diikuti oleh 440 tim dari enam kategori lomba PKM. Peserta yang dipastikan hadir mencapai 1.821 mahasiswa dan 402 dosen pembimbing dari 112 perguruan tinggi di Indonesia, baik swasta maupun negeri.

(brl/red)