CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 21 Oktober 2015 12:38

Menkominfo dukung Project Loon Google, asal...

Layanan internet memanfaatkan Project Loon diharapkan bisa diterapkan di kawasan Timur Indonesia.

Menkominfo dukung Project Loon Google, asal...

Loon sendiri memiliki fungsi sebagai alat penyebar internet dari angkasa. Proyek ini memiliki fungsi yang nyaris serupa dengan program Palapa Ring yang digagas oleh Kemenkominfo. Akan tetapi, menurut Rudiantara, Loon masih perlu waktu panjang supaya bisa sesuai di sisi model bisnis maupun aplikasinya di Indonesia.

"Kalau soal efisiensi, tentu gak bakalan sama dengan Palapa Ring. Palapa Ring kan bakal jadi infrastruktur backbone dalam penyebaran broadband di Indonesia,” klaim Rudiantara bernada optimis.

Google sedang menjajal penyediaan akses internet lewat balon itu di bagian barat Queensland, Australia yang merangkul operator telekomunikasi lokal, Telstra. Di sana, Project Loon beroperasi dengan meluncurkan 20 balon udara yang mengangkasa dan menebar akses internet.

Di Indonesia, layanan internet memanfaatkan Project Loon diharapkan bisa diterapkan di kawasan Timur Indonesia. Diprediksi penggunaan balon udara dapat lebih efisien dan cepat dalam menyediakan akses internet daripada menggunakan cara konvensional.

WHAT TO READ NEXT ?