Mahasiswa Darmajaya rancang depot air minum otomatis

Mahasiswa Darmajaya rancang depot air minum otomatis

Techno.id - Dilansir oleh Antara (06/09/15), Mutmainah Nur Fitri seorang mahasiswi Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Lampung berinisiatif merancang prototipe atau contoh baku alat depot air minum otomatis.

Menurutnya, kebutuhan manusia akan ketersediaan air minum yang besar membuat usaha depot air minum menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Namun untuk mengoperasikannya membutuhkan minimal satu orang sebagai penjaga, katanya pula. Maka dari itu, hal itu mendorongnya untuk menciptakan sistem kontrol pompa air pada depot air minum, dengan menggunakan nilai rupiah sebagai inputan logika.

Penelitiannya ini dilakukan sebagai tugas akhirnya di Jurusan Teknik Komputer.

"Dengan alat ini, depot air minum tidak perlu dijaga, karena bisa bekerja secara otomatis. Pembeli cukup meletakkan uang dengan nominal Rp 5.000 di tempat yang telah ditentukan, yaitu di bawah sensor TCS3200-DB. Pengontrol mikro akan mengambil data berupa frekuensi cahaya yang telah dikonversi oleh sensor warta TCS3200-DB," ujarnya dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan, kontrol mikro ini dapat melakukan sinkronisasi uang yang dimasukkan dengan data uang pada program. Ketika nilai frekuensi yang diambil memenuhi syarat kondisi dan sesuai dengan data uang pada sistem, maka pompa air akan menyala secara otomatis.

Namun, ia mengakui alat ini juga memiliki kekurangan, karena terbatas nominal uang yang dapat digunakan sebagai pembayaran. Pasalnya, pembeli hanya bisa melakukan pembelian menggunakan uang kertas dengan nominal lima ribu rupiah, ungkap putri pasangan Nur Hadi dan Rohaya ini.

Rektor IBI Darmajaya, Dr Andi Desfiandi SE MA mengapresiasi karya penelitian yang telah dihasilkan para mahasiswa seperti itu. Dia mengatakan, IBI Darmajaya senantiasa mendorong para dosen maupun mahasiswa untuk aktif dan kreatif melakukan penelitian.

(brl/red)