Kelola sampah, Pemkab Deliserdang gandeng perusahaan asal Korea

Kelola sampah, Pemkab Deliserdang gandeng perusahaan asal Korea

Techno.id - Jika tak ditangani dengan maksimal, sampah bisa menjadi masalah bagi lingkungan. Tak ingin masalah seperti itu terjadi di wilayahnya, pemerintah kabupaten Deliserdang pun mengambil sejumlah langkah preventif, salah satunya adalah menggandeng perusahaan asal Korea Selatan, Halla Energy and Enverontment untuk mengelola sampah dengan teknologi canggih.

Seperti dilaporkan oleh Antara (21/10/15), kerja sama yang dilakukan dengan Halla Energy and Enverontment ini nantinya akan fokus untuk mengelola limbah sampah di salah satu kabupaten di Sumatera Utara tersebut menjadi lebih bernilai bisnis. Menurut paparan dari Mr. MC Cha, director Halla pihaknya nanti akan mendatangkan teknologi pengolahan limbah sampah tercanggih yang dapat mengubah sampah menjadi energi listrik dan gas metan serta abu yang dapat dijadikan batu bata.

Sementara itu, DR Ir H Idayati Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumatera Utara mengungkapkan jika kerja sama antara Halla dengan Pemkab Deliserdang ini akan menjadi proyek pertama sekaligus percontohan untuk teknik pengolahan sampah di wilayah Sumatera Utara. Hal ini dikarenakan kabupaten Deliserdang memiliki potensi yang sangat menjanjikan mengingat daerahnya yang cukup luas.

(brl/red)