Kejahatan online bisa timbulkan efek psikologis bagi korban

Kejahatan online bisa timbulkan efek psikologis bagi korban

Techno.id - Maraknya kejahatan online memberikan dampak tersendiri kepada korbannya. Hal tersebut diperkuat dalam survei yang dirilis Norton oleh Symantec bahwa sebanyak 42 persen pengguna internet telah mengalami sendiri kejahatan cyber dalam satu tahun terakhir.

Choon Hoon Chee, Director Asia Consumer Business, Norton by Symantec mengatakan, Penjahat cyber tidak menyerah. Mereka menggunakan teknik yang semakin canggih untuk mencuri informasi pribadi konsumen, seperti password, informasi kontak, dan otentifikasi perbankan untuk mengisi pundi-pundi mereka.

Lebih lanjut, diungkapkan Chee bahwa saat ini hacker melakukan pelbagai cara untuk bisa menembus pertahanan pengguna untuk mengambil data-data berharga. Lewat sosial media, email atau cara lainnya digunakan untuk mengetahui informasi penting pengguna.

Generasi Millenial yang lahir di era digital rentan terkena risiko kejahatan karena lemahnya pertahanan dan ternyata sebanyak 47 persen orang mengaku telah berbagi password serta aktivitas online lainnya yang berisiko. Sementara itu, generasi Baby Boomers atau generasi atas yang dianggap kurang melek teknologi lebih aman dalam melakukan aktivitas online yang tercatat hanya 19 persen.

Dampak akan kejahatan online juga turut merugikan dari segi materi, konsumen Indonesia kehilangan sekitar 33 jam waktunya selama satu tahun terakhir untuk berurusan dengan dampak dari kejahatan online dan uang senilai Rp7,6 juta per korban dengan akumulasi sebesar Rp194,6 miliar. Selain materi, Chee mengungkapkan bahwa korban kejahatan cyber akan merasakan menimbulkan efek psikologis dengan persentase 52 persen merasa marah.

Banyaknya kejahatan cyber yang membidik perbankan juga membuat 82 persen responden mengatakan akan merasa terpukul jika informasi keuangan pribadi mereka bocor. Sebanyak 64 persen responden percaya bahwa melakukan aktivitas online yang berisiko kehilangan identitas bisa menimbulkan stress.

Kejahatan online bisa timbulkan efek psikologis bagi korban

Choon Hoon Chee, Director Asia Consumer Business, Norton by Symantec
2016 techno.id/Indah Pertiwi

(brl/red)