Jam tangan ini melawan tekanan air menggunakan minyak

Jam tangan ini melawan tekanan air menggunakan minyak

Techno.id - Setiap penyelam harus memerhatikan waktu agar aman saat menyelam. Oleh sebab itu, para penyelam dianjurkan selalu membawa jam tangan. Namun, karena tekanan air laut begitu besar, terkadang jam tangan menjadi tidak terlihat. Dari persoalan inilah, sebuah perusahaan memutuskan untuk membuat jam tangan yang tak biasa.

Jam tangan yang diberi nama Ressence Type 5 ini adalah jam tangan analog yang tahan terhadap air. Namun, bukan itu kelebihan utamanya, melainkan adanya minyak di dalam jam tersebut yang membuatnya semakin istimewa. Ressence Type 5 menggunakan minyak agar lebih tahan terhadap tekanan air dan membuatnya lebih mudah untuk dibaca.

Biasanya solusi seperti ini diterapkan pada jam tangan digital. Namun, karena Ressence Type 5 adalah jam tangan analog, maka jam tersebut merupakan jam tangan analog pertama yang menggunakan minyak. Ressence memasukkan 37,5 ml minyak di dalam jam tangan. Tujuannya untuk menghilangkan refraksi, refleksi, pelumas, dan memberikan efek kaca pembesar.

Selain menggunakan minyak agar mudah dibaca, Ressence Type 5 ternyata juga memakai material titanium supaya lebih tangguh. Tak hanya itu, bagian kaca depan dan cover belakang juga disematkan sebuah lapisan kristal safir, seperti yang disadur dari Gizmag (12/12/2015).

Lebih lanjut, Ressence Type 5 juga mengadopsi teknologi untuk pembacaan suhu minyak dan suhu pergelangan tangan pemakainya. Selain itu, setiap pergerakan dari jam tersebut juga dapat melawan ekspansi dan kontraksi minyak di suhu ekstrem dari -5 sampai 55 derajat Celcius.

(brl/red)