Ini yang harus diperhatikan sebelum membeli prosesor

Ini yang harus diperhatikan sebelum membeli prosesor

Techno.id - Salah satu komponen utama dari sebuah komputer adalah prosesor. Jadi, jika Anda ingin membeli komponen tersebut untuk meningkatkan kemampuan komputer di rumah, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut.

Pertama, Anda sebaiknya menentukan terlebih dahulu merek prosesor yang Anda rasa baik. Setelah itu, Anda bisa membandingkan dengan merek prosesor lain. Apakah prosesor pilihan Anda lebih baik dari yang lain atau justru sebaliknya. Untuk itu, Anda bisa membandingkannya dari beberapa faktor, seperti kecepatan clock dan jumlah inti prosesor dari masing-masing prosesor.

Kedua, menentukan apakah prosesor ini nantinya digunakan untuk produktivitas sehari-hari atau untuk performa gaming. Menurut pendapat dari MakeTechEsier (10/10/15), di antara dua prosesor AMD dan Intel, prosesor AMD lebih baik untuk penggunaan rendering dan dukungan aplikasi profesional. Sedangkan Intel sebenarnya juga dapat menghadirkan aplikasi profesional, sayangnya harga yang dibanderol sedikit lebih mahal dari AMD.

Jika Anda hanya terfokus untuk pemakaian game, maka chip Intel yang terbaik. Lalu, apabila Anda menggunakan komputer untuk pekerjaan sehari-hari, maka Anda tak perlu keluar uang lebih, karena chip AMD sudah lebih dari cukup. Namun, bila Anda ingin memprioritaskan fitur gaming dan produktivitas, maka pilihannya akan jatuh kepada chip Intel i7.

Setelah menentukan pilihan yang tepat, Anda juga harus menanyakan hal berikut, di antaranya prosesor tersebut dilengkapi dengan pendingin atau tidak, adanya fitur overclock, dan bisa diupgrade atau tidak? Semoga hal ini dapat membantu Anda dalam menentukan prosesor mana yang terbaik.

(brl/red)