Ingin kreatif? Penelitian ini mengatakan jangan fokus

Ingin kreatif? Penelitian ini mengatakan jangan fokus

Techno.id - Apa kunci untuk menjadi orang yang sukses? Untuk menuju kesuksesan Anda harus menjadi orang yang kreatif dan bekerja keras. Namun, menurut Psikolog, Emma Seppala di dalam buku barunya The Happiness Track: How to Apply the Science of Happiness to Accelerate Your Success,ia mengatakan jika ingin efektif seharusnya orang-orang mengambil waktu untuk tidak melakukan apa-apa.

Tentu saja hal ini menjadi pemikiran yang bertolak belakang, pasalnya dalam buku tersebut Anda diminta untuk kreatif namun tidak bekerja keras. Walaupun begitu, ternyata ungkapan tersebut ada benarnya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011, peneliti mengajak 428 orang sebagai objek penelitian dan membagikan klasifikasi kelompok pagi dan malam.

Kemudian peneliti membagikan kuesioner pada pagi dan sore hari, dari penelitian tersebut yang paling mengejutkan dikatakan jika kuesioner dapat diisi dengan baik saat mereka tidak fokus. Gampangnya, penelitian ini membuktikan jika manusia lebih kreatif saat mereka santai dan tidak fokus, seperti yang dilansir dari Business Insider.

Seppala dalam bukunya juga menulis, beberapa orang paling kreatif dalam sejarah menemukan terobosan besar saat mereka sedang menganggur. Misalnya saja Nikola Tesla yang menemukan daya listrik arus bolak-balik saat ia jalan-jalan bersama temannya.

Walaupun begitu, jangan jadikan penelitian ini alasan untuk kemalasan Anda. Untuk itu, ambillah waktu yang tepat untuk diri Anda bersenang-senang atau menenangkan diri untuk terus menjaga kekreatifan Anda.

(brl/red)