Hadapi MEA, Dekopin rancang sistem kas berbasis TI

Hadapi MEA, Dekopin rancang sistem kas berbasis TI

Techno.id - Era MEA alias Masyarakat Ekonomi Asean memang sudah dekat. Beragam persiapan telah dilakukan oleh banyak pihak termasuk Dewan koperasi Indonesia atau yang biasa disingkat Dekopin.

Demi menghadapi MEA, Dekopin dilaporkan kini tengah merancang sebuah sistem tata kas berbasis teknologi dan informatika yang dijuluki Elektronik Komersial (Ekomas).

"Sistem yang kita pakai selama ini memang kalah canggih jika dibandingkan dengan teknik bank, sehingga Dekopin sedang merancang sistem Ekomas yang dimulai dengan tata kas," ungkap Nurdin Halid, ketua umum Dekopin seperti dilansir oleh Antara (2/12/15).

Lebih lanjut Nurdin menjelaskan jika sistem Ekomas ini akan mendorong produktivitas masyarakat di seluruh Indonesia. Pasalnya, sistem bakal membantu setiap orang di penjuru Tanah Air terhubung satu dengan yang lainnya untuk saling bertukar informasi mengenai potensi produk suatu daerah.

"Misalnya ketika pembeli menginginkan kopi Aceh, maka koperasi Aceh sudah ahrus menyediakan produk tersebut. Untuk mengetahui produk tersebut ada atau tidak, maka akan ada data pada laman di setiap koperasi," ujar Nurdin.

Nurdin menambahkan, untuk menjalankan sistem ini pihaknya masih menemui sejumlah hambatan. Ia mengakui, salah satu hambatan terbesar dari penerapan sistem ini adalah sumber daya manusia yang dinilainya masih jauh dari standar kompeten.

Kendati demikian, ia dan pihak Dekopin berencana akan memaksimalkan SDM berkompeten yang ada untuk meningkatkan pemahaman anggota koperasi lainnya di seluruh dunia terhadap sistem Ekomas ini.

"Kita mempunyai tiga ribu Lembaga Pendidikan Koperasi atau Lapenkop untuk menghadapi MEA. Dengan begitu, pekerja Indonesia dapat bersaing dengan pekerja asing yang nantinya akan bebas masuk ke Indonesia," tutup Nurdin.

(brl/red)