Google donasikan Chromebook senilai Rp 73 miliar untuk pengungsi Eropa

Google donasikan Chromebook senilai Rp 73 miliar untuk pengungsi Eropa

Techno.id - Seiring berjalannya waktu, krisis pengungsi yang kini tengah melanda Uni Eropa kian memprihatinkan dan terus menyedot perhatian dunia. Perhatian tersebut, bahkan hingga sampai di telinga Google.

Sedikit banyak, nasib para pengungsi pasti akan bergantung dari suaka. Hal inilah yang melandasi raksasa mesin pencari itu untuk mendonasikan Chromebook dengan total nilai sebesar USD 5,3 juta (Rp 73 miliar).

Menurut laman Engadget (25/01), hibah Google ini ditujukan untuk sebuah perusahaan nirlaba di Jerman yang saat ini mengatasi masalah pengungsian. Google pun menyebut kegiatan sosial ini sebagai Project Reconnect.

"Dengan Chromebook, mereka secara otomatis akan terus up-to-date dengan fitur dan aplikasi terkait suaka, serta perlindungan virus terbaru," jelas Direktur Google.org, Jacquelline Fuller.

"Mereka akan dikelola secara langsung oleh administrator pusat (perusahaan nirlaba) untuk menawarkan informasi (fasilitas medis, penginapan, dan transportasi) yang relevan atau disesuaikan dengan situasi lapangan," tambah Fuller.

Dari informasi yang beredar, perusahaan nirlaba di Jerman tersebut dapat mengajukan permohonan ke Google hingga sebanyak 5.000 unit Chromebook. Adapun distribusi Chromebook ini dijadwalkan akan dimulai per 1 Maret 2016 mendatang.

(brl/red)