Email ini katakan, ada astronot Nigeria yang tersesat di luar angkasa

Email ini katakan, ada astronot Nigeria yang tersesat di luar angkasa

Techno.id - Email scam bukan barang baru lagi di dunia digital. Bahkan, layak dibilang usia email yang mengandung scam hampir sama tuanya dengan umur email itu sendiri. Konten yang sarat penipuan itu kerap dimanfaatkan orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk memanfaatkan uang korban, baik di skala individu maupun perusahaan, demi kepuasan pribadi.

Namun belakangan ini, beredar sebuah email scam yang cukup menyitaperhatian netizen. Email scam itu meminta donasi senilai 3 juta USD (sekitar Rp40 miliar) untuk membawa pulang seorang astronot asal Nigeria yang tersesat di luar angkasa bernama Abacha Tunde.

Email ini katakan, ada astronot Nigeria yang tersesat di luar angkasa

Email scam soal astronot Nigeria
2016 thenextweb.com

Abacha dikatakan pernah mengikuti misi rahasia bersama Uni Soviet, tetapi ia ditinggal begitu saja oleh crew lainnya saat kembali ke Bumi. Ia pun kini digambarkan sudah 'hidup' di luar angkasa selama 15 tahunan.

Surat elektronik itu memang tampak sudah jelas berbau penipuan. Akan tetapi, pengirim scam itu membuatnya seakan-akan nyata, misalnya dengan menggunakan akun email berakhiran ".gov" dari domain National Space Research and Development Agency (NASRDA) Nigeria.

Scam sendiri memang terbukti merugikan banyak pihak. Perusahaan sekelas Microsoft saja mengalami kerugian setara Rp10,3 triliun sepanjang 2013 sampai 2015 karena email scam.

(brl/red)