Dolar naik turun, gairah pasar smartphone tak terpengaruh

Dolar naik turun, gairah pasar smartphone tak terpengaruh

Techno.id - Nilai tukar rupiah menghadapi dolar Amerika Serikat perlahan membaik setelah sempat mengalami pelemahan. Kondisi pelemahan rupiah itu disebutkan memberikan dampak pada segala lini bisnis, termasuk penjualan smartphone di Indonesia.

Secara industri terjadi penurunan di pasar smartphone Indonesia sebesar 8%, tapi ini terjadi di semua industri kok. Jadi gak hanya soal jualan smartphone yang kena imbas tapi semua lini bisnis kena, kata Djatmiko Wardoyo, Direktur Marketing and Communication Erajaya Swasembada

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Koko itu mengungkapkan penurunan dari sisi industri itu ternyata tidak sepenuhnya berimbas pada angka penjualan produk-produk yang didistribusikan Erajaya. Terbukti, pada semester pertama tahun 2015 penjualan produk perusahaan ini masih mengalami peningkatan.

Dolar naik turun, gairah pasar smartphone tak terpengaruh

Nah, kalau di Erajaya itu menarik. Kita masih ada peningkatan di sisi penjualan. Tengah tahun pertama kemarin ada kenaikan 29% dari tahun lalu kok, imbuh Koko sewaktu ditemui tim Techno.id di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Kesuksesan Erajaya sebagai distributor ponsel di tengah masa ekonomi sulit akibat harga dolar disebutkan disebabkan perusahaannya memiliki lini produk yang lengkap.

Lengkap kan produk kita, dari yang mahal sampai murah kita punya. Makanya kita masih bisa meningkatkan penjualan karena berhasil mengakuisisi penjualan dari pemain lain yang turun, tandas Koko.

(brl/red)