Diam-diam Honda akan uji coba mobil tanpa awaknya

Diam-diam Honda akan uji coba mobil tanpa awaknya

Techno.id - Nampaknya pabrikan otomotif Honda tidak ingin ketinggalan dalam memproduksi mobil tanpa awak. Beberapa tahun terakhir, isu mobil tanpa awak atau self-driving menjadi fokus dalam bidang teknologi otomotif.

Sebut saja perusahaan seperti Google, Apple, Tesla, Nissan, BMW, serta pabrikan lainnya mulai mengembangkan teknologi tersebut. Tidak terkecuali pabrikan otomotif asal Jepang yakni Honda.

Dilansir oleh Reuters.com (11/09/15), kabarnya Honda telah mengantongi izin untuk menguji coba kendaraan tanpa awaknya di California. Hal ini diketahui dalam sebuah situs departemen kendaraan bermotor California yang mencantumkan nama Honda sebagai salah satu perusahaan yang memiliki izin uji coba kendaraan tanpa awak.

Saat ini, Honda dikatakan sudah memiliki fasilitas pengujian kendaraan tersebut di Concord, California. Namun, mobil milik pabrikan Jepang ini akan melalui uji coba bertahap sebelum benar-benar bisa melenggang di jalan.

Sementara itu, California adalah salah satu negara bagian yang telah mengeluarkan UU untuk pengujian mobil tanpa awak. Sehingga banyak perusahaan yang menguji produk mereka di sana.

Di sisi lainnya, Google dan produsen lainnya mengatakan jika teknologi self-driving ini akan siap digunakan pada tahun 2020 mendatang.

(brl/red)