Capture The Flag, ajang unjuk potensi para "hacker" muda Indonesia

Capture The Flag, ajang unjuk potensi para "hacker" muda Indonesia

Techno.id - Bersamaan dengan penyelenggaraan konferensi International Conference and Exhibition (Code) 2015 di Bali, diadakan pula kompetisi Capture The Flag yang merupakan adu potensi "hacker" muda Indonesia. Tercatat ratusan kalangan muda dari seluruh Indonesia dan dari luar Indonesia ikut ambil bagian dalam ajang yang diharapkan mampu menjadi salah satu cara untuk menjaga stabilitas keamanan cyber Indonesia.

"Kegiatan yang berlangsung sejak Senin (21/9/15) ini diharapkan mampu menjaring potensi kalangan 'hacker' muda kita agar ikut menjaga keamanan dunia cyber sehingga tidak disalahgunakan penggunaan teknologi saat ini," ungkap Izza Juandana, Ketua Panitia Capture The Flag.

Seperti dilansir oleh Antara (22/9/15), kompetisi yang digagas oleh forum CodeBali dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) ini kabarnya memberikan tantangan dan soal-soal kepada "hacker" muda Indonesia yang memiliki keahlian di bidang digital forensik, kriptografi, reverse engineering, steganografi, eksplotasi, dan keamanan website. Peserta dibebaskan menggunakan tools dan metode masing-masing untuk menyelesaikan dan mendapatkan skor tertinggi.

Tim Cilok Panas dari ID-SIRTII keluar sebagai juara pertama di ajang ini. Disusul tim dari mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) Dago Cybernesha B dan Dago Cybernesha B diperingkat ketiga.

(brl/red)