Bosch rilis pedal gas anti ngebut untuk mobil masa depan

Bosch rilis pedal gas anti ngebut untuk mobil masa depan

Techno.id - Atas nama kenyamanan dan kemanan, banyak perusahaan berlomba meluncurkan piranti pintar dalam ranah transportasi. Salah satunya adalah teknologi self driving yang sering diulas media sejak pertengahan tahun lalu.

Hal tersebut juga dilakukan oleh salah satu perusahaan asal Jerman, yang merilis sebuah pedal gas pintar untuk kendaraan masa depan. Seperti yang telah diberitakan oleh Car and Driver pada hari Selasa (26/01/16) lalu, pedal buatan Bosch ini dijuluki 'active gas pedal'.

Bosch rilis pedal gas anti ngebut untuk mobil masa depan

Pedal gas aktif buatan Bosch
2016 blog.caranddriver.com/blog.caranddriver.com

Sepintas memang terlihat sama seperti pedal biasa, namun buatan Bosch ini tak hanya terhubung dengan mesin, malinkan juga terintegrasi dengan sistem navigasi. Alasannya, tentu saja untuk keamanan sesama pengguna jalan.

Rem otomatis memang sangat membantu saat keadaan darurat, sedangkan pedal gas aktif ini akan mendorong kaki pengemudi ke arah berlawanan saat ia memacu kendaraan di luar batas kecepatan.

Uniknya, pedal pintar ini tak hanya dirancang untuk kendaraan elektrik saja. Bosch juga mendesain agar pas saat digunakan pada kendaraan lama bahkan yang masih menggunakan sistem transmisi manual.

(brl/red)