CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 11 Maret 2016 13:00

Alasan sederhana kenapa baterai smartphone tidak bertahan 24 jam

Baterai smartphone sebenarnya mendapatkan banyak perbaikan beberapa tahun belakangan, tapi...

Alasan sederhana kenapa baterai smartphone tidak bertahan 24 jam

Techno.id - Jika Anda melihat beberapa iklan smartphone baru sudah pasti mengiklankan jika baterai mereka hadir dengan kapasitas yang besar hingga dapat bertahan lama. Memang awal pemakaian semua baterai akan bertahan lama, namun dalam beberapa minggu tetap saja Anda akan mencari sumber listrik karena kehabisan daya dengan cepat.

Mengapa tidak ada yang bertahan hingga berhari-hari? Jawabannya, tidak akan pernah ada. Ahli baterai lithium-ion Dee Strand mendapatkan pertanyaan yang sama di Reddit, ia mengatakan semakin banyak fitur smartphone maka semakin cepat juga menguras baterainya.

"Tidak pernah ada. Di setiap perbaikan baterai (penambahan kapasitas) pada smartphone baru maka perusahaan ponsel juga menambahkan banyak fitur baru seperti layar yang lebih besar, layar yang lebih cerah, lebih banyak aplikasi, layar sentuh dan lainnya yang dirancang bekerja di smartphone. Baterai memang mendapatkan perbaikan namun fitur smartphone juga semakin bertambah," tulisnya.

Sebenarnya, baterai pada smartphone memang selalu mendapatkan perbaikan dalam beberapa tahun belakangan. Namun, smartphone juga terus mendapatkan fitur-fitur sehingga membutuhkan banyak energi untuk menjalankan fitur-fitur tersebut.

WHAT TO READ NEXT ?