ABB siapkan robot berlengan dua yang menjadi kiblat robot dunia

ABB siapkan robot berlengan dua yang menjadi kiblat robot  dunia

Techno.id - Hannover Messe, ajang bergengsi pameran perdagangan untuk teknologi industri dihebohkan dengan kehadiran YuMi. Bukan tanpa sebab karena YuMi merupakan robot industri berlengan dua pertama di dunia.

Berdasarkan Tradearabia (13/04/15), Ulrich Spiesshofer sebagai CEO ABB mengungkapkan "era baru robot rekan bekerja sudah hadir di sini dan menjadi bagian integral strategi kami selanjutnya,".

Kali ini dengan hadirnya YuMi, ABB sekali lagi memberikan sebuah bentuk perluasan dalam menjalankan sebuah proses industri secara otomatis dengan robot.

Memang bukan hal yang baru bagi ABB untuk memulai hal baru, karena pada tahun 1974 ABB telah menciptakan microprocessor pertama di dunia, semua robot listrik industri dan menjadi kiblat revolusi robot modern. Hingga saat ini sudah terdapat 250.000 produk robot jebolan dari ABB.

Robot cangih ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan produksi yang fleksibel dan lincah. Dengan rancangan kerangka yang terbuat dari magnesium ringan yang dilapisi dengan plastik di dalam bantalan lembut untuk meredam goncangan.

Robot satu ini juga bisa memprediksi dampak yang tidak terduga, seperti tabrakan dengan rekan kerja. YuMi akan segera menghentikan gerakannya dalam waktu milidetik dan gerakan bisa dijalankan kembali melalui remote kontrol.

YuMi juga tidak mempunyai titik penjepit sehingga sumbu yang membuka dan menutup tidak
akan mengganggu kinerja dari YuMi.

Karena kenyamanan yang diberikan, YuMi mendapatkan penghargaan bergengsi dari Red Dot best of the best kategori rancangan terbaik. Hal yang pantas untuk rancangan robot satu ini bukan?

(brl/red)