Nantinya, Anda tak perlu sentuh layar smartphone lagi

 Nantinya, Anda tak perlu sentuh layar smartphone lagi

Techno.id - Makin hari teknologi yang diusung oleh ponsel pintar kian canggih. Ada saja inovasi menarik yang dihadirkan, untuk membuat manusia makin tergantung dengan ponsel pintarnya. Salah satunya adalah teknologi touchless yang bisa membuat Anda tak perlu lagi menyentuh layar smartphone Anda saat akan menggunakannya.

Elliptic Labs, perusahaan yang fokus mengembangkan teknologi touchless, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah menemukan teknologi touchless ultrasonik yang akan membuat kendali "jarak jauh" terhadap smartphone terasa lebih cepat. Teknologi yang diperkenalkan sebagai "Ultra-fast Ultra-far Interaction" ini digadang-gadang memiliki kecepatan super dan kemampuan respon terhadap gerakan tangan.

Disebutkan oleh The Next Web (3/3/15), teknologi ini memancarkan sinyal ultrasonik yang merambat melalui udara dari speaker smartphone atau tablet. Anda hanya perlu menggerakkan tangan ke arah ponsel pintar Anda supaya sinyal tersebut memantul kembali untuk kemudian diproses oleh sensor mikrofon yang terintegrasi pada ponsel pintar.

 Nantinya, Anda tak perlu sentuh layar smartphone lagi

Selain meningkatkan kecepatan dan akurasi, teknologi ini juga memungkinkan Anda melakukan perintah isyarat dengan jarak kira-kira 2 meter dari layar ponsel pintar. Dengan kemampuan ini, melakukan selfie akan lebih mudah karena Anda hanya perlu melakukan gerakan tangan menunjuk ke layar ponsel maka Anda sudah bisa berselfie ria tanpa harus repot mengatur timer.

Saat ini mengendalikan benda-benda di sekitar Anda terutama gadget dapat dilakukan dengan mudah saat ditemukannya teknologi touchless ultrasonik ini. Kendati demikian, munculnya teknologi ini akan membuat manusia merasa dimudahkan dan memupuk rasa malas bahkan untuk urusan kecil seperti menyentuh layar smartphone.

(brl/red)