CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 15 Februari 2016 18:00

Emirsyah Satar: Kami merancang MatahariMall agresif di Indonesia

Chairman MatahariMall ini buka-bukaan soal strategi bisnis pendatang baru di dunia e-commerce tersebut.

Emirsyah Satar: Kami merancang MatahariMall agresif di Indonesia

Apa aja tugas khusus buat Anda dari James Riady?

Intinya, untuk tugas khusus, sebagai chairman, saya mempunyai tugas memastikan good corporate governance berjalan di MatahariMall . Kemudian membuat planing dan strateginya bagaimana.

Tapi saya tidak involved day to day operasional perusahaan, karena itu tugas Hadi Wenas, CEO MatahariMall. Saya berdiskusi banyak hal dengan Hadi, seperti soal strategi dan masalah-masalah perusahaan apa.

Saya fokus di masalah-masalah perusahaan. Apakah masalah itu terkait pemerintah (goverment related) atau non-goverment related. Itulah fokus saya, tujuannya supaya pertumbuhan perusahaan bisa lebih cepat.

Bagaimana Anda menilai pertumbuhan perusahaan sejak diluncurkan September 2015?

Apa yang kami capai per Desember 2015, berdasarkan rencana bisnis perusahaan, seharusnya baru dicapai pada Juni 2016. Jadi ini lebih cepat. Jadi topline perusahaan lebih cepat dengan cost di bawah yang diestimasikan.

Apa saja fokus Anda di tahun ini?

Di 2016, kami makin memastikan pertumbuhan usaha tetap jalan dan fulfillment terhadap customer bagus. Kemudian bagaimana bisa lebih efisiensi terhadap segala macam biaya, karena ini perusahaan e-commerce.

Kami mencari volume gain; how to increasing volume. Kemudian terhadap seller, tidak semua diterima, tapi dikurasi dulu.

Itu tantangan ke depan. Saat launch, kami menjual di lebih dari 400 kota dari total 500 kota di seluruh Indonesia.

Perusahaan baru kok sudah bicara efisiensi biaya?

Maksudnya begini, banyak pengiriman barang di MatahariMall.com tidak dilakukan sendiri, bekerja sama dengan pihak ketiga. Jadi kami perlu memastikan biaya-biaya tersebut reasonable.

Untuk startup mana pun, komponen biaya perlu dimonitor. Kami kan startup, meski big skill startup.

Jadi kami perlu memastikan pihak ketiga itu berkomitmen dengan standar pelayanan MatahariMall. Kami juga ada tim sendiri yang mengingatkan soal standar-standar tersebut.

Apakah pertumbuhan saat ini sesuai dengan target perusahaan?

Dengan tim yang ada sekarang, rencana yang dibuat, saya optimistis target bisa dicapai. Dengan asumsi, ekonomi Indonesia tidak resesi.

Dengan pertumbuhan yang tidak besar pun, target profit dan initial public offering (IPO) bisa dicapai.

Kapan persisnya rencana IPO itu?

Kami memang ada rencana melakukan IPO, tapi as soon as possible. Yang jelas pertumbuhan MatahariMall hingga kini on the track.

WHAT TO READ NEXT ?