Unik, ada bagian otak yang menyala saat Anda merasakan sakit

Unik, ada bagian otak yang menyala saat Anda merasakan sakit

Techno.id - Irene Tracey dari Universitas Oxford, Inggris menemukan ada bagian di otak manusia yang akan menyala ketika salah satu bagian tubuh Anda merasakan sakit yang luar biasa, seperti secara tidak sengaja menginjak paku ketika berjalan. Tracey yang merupakan profesor ilmu anestesi tersebut menemukan sensor rasa sakit di pusat saraf manusia tersebut melalui serangkaian percobaan laboratorium.

"Kami berhasil mengidentifikasi area di otak yang merupakan sensor rasa sakit," jelas Tracey.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Neuroscience (9/3/15) ini Tracey dan rekan-rekannya melakukan serangkaian percobaan kepada 17 relawan. Ketujuh belas relawan tersebut diolesi krim yang mengandung capsaicin kimia; senyawa dalam cabai yang menyebabkan sensasi terbakar, pada kaki mereka. Selain itu, para peneliti juga meletakkan botol berisi air panas atau air dingin pada kulit relawan untuk menambah atau mengurangi tingkat rasa sakit. Pada saat yang sama, peneliti juga melakukan proses scanning pada otak relawan dan meminta mereka untuk menilai seberapa besar rasa sakit yang dirasakan.

Unik, ada bagian otak yang menyala saat Anda merasakan sakit

Hasilnya, peneliti menemukan bagian di otak para relawan yang disebut dorsal posterior insula, lebih bersinar ketika para relawan melaporkan rasa sakit. Hal ini menunjukkan bahwa daerah tersebut bertindak semacam barometer rasa sakit atau nyeri di otak, saat bagian tubuh yang lainnya merasakan sakit.

Selanjutnya, para peneliti berencana untuk menguji apakah memungkinkan untuk "mematikan" daerah otak ini pada orang yang menderita sakit keras, seperti kanker hati.

(brl/red)