Menemukan kanker hati dengan cara baru

Menemukan kanker hati dengan cara baru

Techno.id - Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan TED (Technology, Entertainment and Design) mengatakan telah menciptakan bakteri yang diprogram untuk melihat tumor hati. Hal ini dibuktikan pada konferensi di Vancouver.

Tal Danino, seorang peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) menggambarkan bagaimana bakteri ini diprogram dengan kode genetik. Terlebih, sistem ini juga dapat dikembangkan untuk mengidentifikasi kanker yang lainnya.

Penelitian ini telah diujicobakan pada tikus, dan hasil penelitian ini akan diterbitkan di Science Translation Medicine. Adapun metode penelitiannya, tikus-tikus percobaan ini diberi makan dengan bakteri probiotik yang telah diprogram. bakteri baik ini biasanya terdapat pada yogurt. Lalu, bakteri tadi akan menghasilkan enzim saat mereka menghadapi tumor yang ada pada tubuh. Kemudian, dengan bakteri ini, pada gilirannya akan mengubah warna urin. Untuk hasilnya, sejauh ini sistem yang diteliti memberikan bukti akurat untuk mendeteksi kanker hati.

"Kanker hati sulit untuk dideteksi, dan teknologi baru ini akan sangat membantu untuk menemukannya," ujar Danino yang dikutip dari BBC (17/03/15).

Kanker hati memang penyakit yang mematikan di dunia. Sebab, menurut data dari badan kesehatan dunia atau WHO, pada tahun 2012 ada 745.000 kematian yang disebabkan oleh penyakit ini.

Disamping itu, banyak penelitian yang menunjukkan jika ada konsentrasi besar bakteri dalam tumor, terutama bagian usus. Maka dari itu, para peneliti memanfaatkan bakteri ini untuk menemukan tumor yang bersembunyi. Karena, tumor yang tersembunyi ini tidak dapat diserang oleh sistem imun atau kekebalan tubuh.

Penelitian ini terus dikembangkan oleh Danino yang memungkinkan untuk menemukan kanker yang lain lewat bakteri yang diprogramnya.

(brl/red)