Dunia sains belum bisa menjawab hal ini

Dunia sains belum bisa menjawab hal ini

Techno.id - Dunia sains, hingga saat ini banyak memberikan jawaban dan membentuk pikiran baru melalui logika untuk peradaban manusia. Namun, ada beberapa hal sederhana yang masih menjadi sebuah misteri tanpa jawaban yang valid dari pandangan sains. Bahkan, hal-hal sederhana ini ada di sekitar Anda yang tidak Anda sadari. Untuk itu, kami akan menyajikan misteri apa saja yang belum terpecahkan oleh sains, seperti yang dilansir oleh Sharethe.buzz:

1. Menguap
Dunia sains belum menemukan jawaban soal perilaku manusia yang satu ini. Bahkan, dunia sains sendiri tidak mengetahui mengapa manusia melakukannya atau kenapa perilaku ini selalu dihubungkan dengan kantuk. Ada beberapa teori yang mengatakan jika menguap fungsinya seperti kipas, yang dilakukan untuk mendinginkan 'mesin' manusia untuk kembali ke temperatur semula. Kemudian, ada teori lain yang menyebutkan jika menguap adalah insting hewan yang ada pada spesies manusia dan sudah ada sejak zaman prasejarah. Menguap menjadi cara untuk menjaga kewaspadaan dan keselamatan kelompok manusia. Sampai saat ini kedua teori belum bisa menunjukkan bukti yang valid untuk perilaku ini.

2. Nenek moyang pertama
Semua kehidupan di bumi memiliki beberapa unsur genetik yang sama misalnya saja protein dan asam nukleat. Seperti yang ditemukan, ternyata semua makhluk hidup yang ada di bumi berasal dari satu sumber yaitu 'nenek moyang universal'. Lalu apakah ini organisme yang asli? Tidak ada yang tahu. Ilmuwan mengatakan jika awal kehidupan dimulai pada 2,9 miliar tahun yang lalu, karna hal yang mustahil untuk merunut ke belakang dan mengetahui nenek moyang pertama yang diduga organisme bersel satu.

3. Ingatan
Jika mengidentifikasi proses dan lokasi yang tepat untuk ingatan, para ilmuwnan telah menemukannya. Memang sudah terbukti bahwa ingatan disimpan dalam berbagai neuron di hippocampus atau neokorteks dari area otak. Namun, para ilmuwan belum mendapatkan jawaban bagaimana otak mengaktifkan neuron tertentu secara berurutan.

4. Jumlah sel
Setiap organisme di bumi memulai dari satu sel dan terus tumbuh menjadi triliunan sel. Kemudian jenis dan jumlah sel serta fungsinya ditentukan oleh sel itu sendiri. Bagaimana mereka berhenti untuk terus tumbuh? Ilmu pengetahuan mengidentifikasi, ternyata ada protein tertentu yang terus mengatur pertumbuhan sel-sel ini. sayangnya, para peneliti tidak mengetahui darimana protein ini berasal. Jika misteri ini terpecahkan, kemungkinan besar dapat melakukan penyembuhan untuk kanker yang selama ini menjadi momok yang menakutkan.

5. Jumlah spesies yang ada di bumi
Ilmu pengetahuan tidak pernah mengungkapkan berapa jumlah pasti dari spesies yang ada di bumi. Para peneliti memperkirakan ada 16.000 spesies baru per tahunnya dan akan terus bertambah. Tugas yang sangat berat untuk merekam semua spesies, ini mungkin akan memakan waktu seumur hidup. Belum lagi keberagaman hayati yang tersebar di tempat yang tidak terjangkau. Banyak peneliti berpendapat jika di bumi memiliki antara lima sampai 15 juta spesies.

(brl/red)