Buat terobosan, ilmuwan Jepang ciptakan hologram yang bisa disentuh

Buat terobosan, ilmuwan Jepang ciptakan hologram yang bisa disentuh

Techno.id - Beberapa waktu lalu, sebuah lembaga penelitian asal Jepang mengklaim telah berhasil menemukan sistem yang memungkinkan orang untuk menyentuh benda yang letaknya jauh tanpa benar-benar menyentuhnya. Melalui sistem bernama HaptoClone itu, kini orang secara tidak langsung dapat menyentuh hologram.

Shinoda-Makino Lab di University of Tokyo Graduate School of Frontier Sciences selaku lembaga penelitian yang menciptakan sistem ini mengungkap jika kemampuan HaptoClone didapatkan desain sistem yang melibatkan dua ruang kerja terpisah serta dua bidang kerja optik dan haptic yang saling bersinggungan. Seperti dilansir oleh DigitalTrends (26/12/15), kemampuan sistem ini juga didapat dari energi ultrasound yang dapat menciptakan sensasi seperti sentuhan.

"Bayangkan, dengan bantuan sistem ini nantinya bisa saja Anda menyentuh singa di kebun binatang dari luar kandang," ujar Yasutoshi Makino, salah satu tim peneliti.

Meski memungkinkan orang nantinya mampu menyentuh hologram, para peneliti mengungkap jika HaptoClone mempunyai sejumlah kekurangan. Sistem ini kabarnya tak dapat menggambarkan sentuhan secara utuh seperti berjabat tangan.

Hal ini dikarenakan ultrasound yang digunakan terlalu lemah untuk menggambarkan sensasi sentuhan penuh seperti jabat tangan. Tak hanya itu, ultrasound dilaporkan sangat berbahaya jika digunakan untuk menggambarkan sensasi jabat tangan karena sebenarnya dapat merusak saraf dan jaringan.

Saat ini, HaptoClone dilaporkan sedang dalam tahap pengembangan berkelanjutan. Profesor Hiroyuki Shinoda, salah satu tim peneliti mengungkapkan jika sudah selesai dikembangkan HaptoClone nantinya akan digunakan untuk meningkatkan dan memperkaya cara berkomunikasi manusia.

(brl/red)