Tren berubah, brand ponsel asal Tiongkok kini laris manis diburu warga

Tren berubah, brand ponsel asal Tiongkok kini laris manis diburu warga

Techno.id - Dahulu, ponsel pintar asal Tiongkok selalu dipandang sebelah mata. Masyarakat selalu underestimate dengan ponsel buatan Negeri Tirai Bambu tersebut, karena dalam benak masyarakat tertanam bahwa produk asal negara tersebut tak bermutu.

Namun, beda dahulu beda sekarang. Saat ini, sebagian besar masyarakat malah memuja ponsel pintar asal Tiongkok. Alasannya, tentu saja karena saat ini para produsen Tiongkok tersebut ramai-ramai mengeluarkan ponsel pintar dengan harga yang terjangkau dan spesifikasinya semakin membuat orang terpesona.

Seperti dilaporkan oleh Merdeka (12/6/15), pergeseran pemahaman masyarakat mengenai ponsel pintar asal Tiongkok terbukti dengan banyaknya masyarakat yang membeli ponsel berdasar spesifikasi bukan brand saja. Rudi, salah satu distributor smartphone asal Tiongkok mengatakan, didaerahnya konsumen sudah cerdas dan mulai enggan memilih smartphone berdasarkan brand terkenal saja.

"Di tempat saya, Pati, Jawa Tengah, konsumen sudah cerdas. Mereka itu yang usia anak SMA sampai kuliah jadi lebih kritis. Tidak peduli brand terkenal dari pada yang masih kurang terkenal. Bagi mereka itu spesifikasi bagus dengan harga yang kompetitif di kelasnya. kalau Samsung itu kan stabil. Ya kan sudah lama juga," kata Rudi.

Menurut Rudi, kini brand-brand baru terutama yang berasal dari Tiongkok malah menjadi primadona. Rudi menambahkan, saat ini Vivo menjadi smartphone yang paling laris diburu. Pasalnya, dalam 17 hari saja ia bisa menjual habis 300 lebih unit smartphone mengalahkan OPPO.

Kendati demikian, pernyataan CEO Huawei Consumer Group, Richard Yu beberapa waktu lalu mengenai bakal ada smartphone-smartphone baru yang akan tumbang di pasar, membuat pertanyaan besar di benak banyak orang "Akankah hal itu nantinya benar terjadi?". Namun yang jelas, berdasarkan tren pasar saat ini, ponsel China terlebih brand-brand baru masih akan terus laris manis di pasaran.

(brl/red)