LIPI pamerkan kursi roda elektrik buatannya

LIPI pamerkan kursi roda elektrik buatannya

Techno.id - Dalam acara International Conference on Automation, Cognitive Science, Optics, Micro Electro, Mechanical System and Information Technology (ICACOMIT) yang digelar di kota Bandung, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memamerkan kursi roda listrik bagi para penyandang disabilitas dan pasien lumpuh.

"Kursi roda elektrik ini dapat membantu penyandang disabilitas yang tak bisa menggerakkan anggota badan. Selain itu, pengguna juga bisa menggerakkan dan mengendalikan kursi roda hanya dengan memikirkan perintah," ujar Kepala UPT Balai Pengembangan Instrumentas, Demi Soetraprawata.

Menurutnya, kursi roda listrik ini adalah sebuah penyempurnaan dari pengembangan alat sebelumnya, yakni alat yang dapat membuat otak mampu mengendalikan gerakan kursi roda elektrik melalui penerjemahan sinyal-sinyal listrik yang dikirim dari otak.

Seorang peneliti LIPI, Arjon Turnip mengungkapkan bahwa diciptakannya kursi roda elektrik ini sangatlah penting. Pasalnya, kebutuhan teknologi terutama pengembangan riset instrumentasi bidang kesehatan di Indonesia masih sangat tinggi.

"Pengembangan instrumentasi yang paling penting di Indonesia itu bidang kesehatan. Saya mendapat banyak keluhan dari para dokter, karena alat kesehatan itu (termasuk kursi roda) masih memakai produk dari luar negeri dan jika ada kerusakan harus menunggu lama," terang Arjon.

Kendati demikian, kursi roda elektrik buatan LIPI saat ini belum dapat diterjunkan langsung ke pasar. Sejauh ini, kursi roda listrik ini masih baru dipresentasikan ke Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran yang juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Hasan Sadikin untuk pengembangannya.

"Kursi roda ini masih dalam tahap pengujian dan belum bisa digunakan langsung oleh masyarakat. Oleh sebab itu, kami bekerja sama dengan dokter untuk mengetahui seperti apa yang dibutuhkan sebenarnya oleh pasien," imbuh Arjon.

(brl/red)