CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 20 Maret 2015 14:40

Gadget ini 'pede' akan singkirkan smartphone

Gadget ini punya dua senjata: fitur yang jauh berbeda dengan smartphone dan bentuknya yang bundar.

Gadget ini 'pede' akan singkirkan smartphone

Techno.id - Sadarkah Anda jika bentuk bujur sangkar sudah terlalu dominan di industri teknologi? Mulai dari layar ponsel pintar, televisi, bahkan bioskop, semuanya berbentuk persegi panjang. Paradigma ini pun telah terlanjur melekat dan kemungkinan besar masih akan bertahan dalam beberapa waktu ke depan. Akan tetapi, kini muncul sebuah startup yang berusaha mendobrak dominasi itu.

Monohm Inc. memang hanya sebuah tim kecil, tetapi inovasinya tak boleh diremehkan. Startup yang sekarang berbasis di California, Amerika Serikat, ini baru saja mengumumkan kehadiran gadget super unik bernama Runcible. Dijuluki perangkat anti-smartphone, Runcible adalah hibrida dari ponsel dan kamera dengan segudang kelebihan. Akan tetapi, tanpa mengesampingkan fitur-fitur keren tersebut, yang paling mencolok ialah bentuk lingkarannya.

Memang benar jika gadget lebih cocok diciptakan dalam wujud bujur sangkar daripada lingkaran. Alasan yang paling utama ialah efisiensi material pembuatnya. Dari bayangan awam saja, pembuatan barang berbentuk bujur sangkar tidak akan membuang banyak bahan material seperti halnya dalam pembuatan barang berbentuk lingkaran. Namun, Anda tidak boleh mengesampingkan fakta bahwa manusia sudah lama mengenal dan menggunakan perangkat yang bentuknya bundar, seperti kompas, jam tangan, sampai azimat. Berbekal dari fenomena tersebut, sepertinya bentuk Runcible yang jauh berbeda dengan kebanyakan gadget sekarang ini tidak akan menghilangkan selera konsumen untuk membelinya.

Tak hanya menjual keunikan bodi, Runcible juga siap membawa Anda ke dimensi kehidupan modern yang lain dari yang sudah ada sekarang. Pertama, gadget ini tidak akan menginterupsi kehidupan Anda di dunia nyata, karena ia tidak dilengkapi dengan kemampuan untuk berdering atau memberikan peringatan. Usia penggunaan Runcible pun direncanakan lebih panjang ketimbang smartphone yang hanya bisa bertahan dua atau tiga tahun. Pasalnya, setiap bagian dari Runcible bisa diganti, diperbaiki, dan diperbarui, tanpa perlu membeli Runcible yang baru. Dengan segelinitr fitur itu, tidak berlebihan rasanya jika Runcible dijuluki anti-tesis dari posel pintar zaman ini.

Aubrey Anderson, CEO dan salah satu pendiri Monohm, mengatakan pada PRNewsWire (26/2/15), "Runcible adalah jalan keluar dari invasi dan komersialisasi smartphone yang luar biasa." Alih-alih mengganggu dan mengalihkan perhatian Anda seperti yang sudah dilakukan oleh ponsel pintar, Aubrey juga menambahkan kalau Runcible akan bertahan dengan prinsip sebagai alat bantu hidup manusia saja, tidak lebih.

Sudahkah Anda penasaran dengan sepak terjang Runcible yang sesungguhnya? Sepertinya Anda perlu bersabar, setidaknya sampai akhir tahun 2015. Pasalnya, jadwal perilisan gadget yang ditanami Firefox OS ini sudah dicanangkan berada di periode tersebut. Kalau tidak ingin kehabisan, Anda bisa memesan Runcible terlebih dahulu dengan sistem pre-order di Mono.hm.

WHAT TO READ NEXT ?