SwiftKey Symbol, aplikasi unik untuk anak berkebutuhan khusus

SwiftKey Symbol, aplikasi unik untuk anak berkebutuhan khusus

Techno.id - Developer aplikasi kenamaan SwiftKey Labs baru-baru ini meluncurkan aplikasi khusus yang memungkinkan anak yang kesulitan melakukan komunikasi secara verbal dapat berkomunikasi dengan mudah melalui simbol-simbol. Seperti disebutkan, aplikasi yang diberi nama SwiftKey Symbol ini memungkinkan anak-anak berkebutuhan khusus tersebut untuk mengungkapkan isi hatinya melalui simbol-simbol khusus.

Seperti dilansir oleh SlahsGear (10/12/15), aplikasi ini tercipta karena penggunaan papan visual yang digunakan untuk membantu anak berkebutuhan khusus tersebut berkomunikasi selama ini dirasa sangat tak efektif dan cenderung lambat. Penggunaan papan visual selama ini dinilai menyebabkan si anak maupun orang yang diajak berkomunikasi terkadang malah mengalami kegagalan dalam proses komunikasi karena proses penulisan yang lambat atau tak jelas.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, aplikasi ini muncul membantu anak berkebutuhan khusus berkomunikasi dengan menggunakan simbol-simbol yang mewakili kata-kata yang biasa digunakan sehari-hari. Menariknya, aplikasi ini memungkinkan pengguna menambahkan simbol-simbol lain seperti rumah tinggal atau wajah orang tua sehingga perbendaharaan kata yang digunakan untuk berkomunikasi pun makin banyak.

Saat ini, versi beta aplikasi SwiftKey Symbolsudah dapat didownload di Google Play Store. Jika Anda hendak menggunakan aplikasi ini pastikan smartphone Anda telah mendukung Android versi 4.4 atau yang lebih terbaru.

SwiftKey Symbol, aplikasi unik untuk anak berkebutuhan khusus

(brl/red)