Life is Strange: Game drama modern yang siap memainkan emosi

Life is Strange: Game drama modern yang siap memainkan emosi

Techno.id - Tak hanya film atau novel fantasi, game pun sekarang bisa menyentuh sisi emosional Anda. Ya, sensasi seperti itu dapat Anda rasakan saat memainkan Life is Strange yang mulai dirilis pada 30 Januari 2015. Bagaimana seluk-beluk game yang mulai dibuat April 2013 lalu? Techno.id sudah menyiapkan ringkasannya untuk Anda.

Dalam Life is Strange, Anda akan memerankan Maxine Caulfield, seorang gadis remaja yang tinggal di kota kecil di area Pacific Northwest, Amerika Serikat. Seperti kehidupan remaja saat ini, Maxine juga mengalami masalah dalam hal hubungan dengan orang-orang terdekatnya, narkoba, sampai lika-liku pencarian jati diri. Namun, mengingat ini adalah game dan game sarat dengan fantasi, tentu saja Anda akan menemukan kejutan di dalamnya; Maxine ternyata bisa mengendalikan waktu. Seperti tokoh pahlawan lainnya, Maxine pun menggunakan kekuatan tersebut untuk menolong teman sampai membalas dendam pasca mengalami bullying.

Apresiasi patut dilayangkan pada game ini karena mampu memberikan sesuatu yang segar; tengok saja jalan ceritanya dan gameplay yang dibangun. Sejauh ini, Life is Strange mampu memunculkan sisi misterius tanpa menunjukkan adegan pembunuhan. Namun, spekulasi gamer akan terpancing untuk muncul dengan sendirinya akibat kehadiran karakter antagonis dan kejadian penculikan karakter tertentu (dalam episode awal ini adalah Rachel Ambe). Interaksi gamer melalui Maxine juga lebih manusiawi. Tokoh utama di game ini tak hanya bisa mengobrol dengan karakter lain, tetapi juga memeriksa barang hingga laman Facebook.

Di balik kekuatan plotnya, game ini tak lantas lepas dari kekurangan. Menurut ulasan dari TheVerge (29/1/15), beberapa karakter di Life is Strange terkesan dibuat-buat saat berbicara. Di sini, ditunjukkan bahwa tokoh-tokoh remaja suka sekali berkata "hella". Meski ingin memunculkan tingkah khas anak muda, tetapi penggambaran tersebut dinilai tidak cocok lagi dengan kondisi remaja sekarang, terutama di Amerika Serikat. Mimik karakternya saat berbicara pun tidak padu dengan suara yang keluar dari bibirnya.

Sementara ini baru episode pertama Life is Strange berjudul Chrysalis yang siap dimainkan di platform PC, PlayStation 4, PlayStation 3, Xbox One, dan Xbox 360. Belum ada bocoran kapan episode kedua sampai kelima yang dicanangkan untuk game ini dirilis. Yang mungkin bisa membuat Anda lebih lega ialah Square Enix telah mengumumkan bahwa peluncuran tiap episode baru Life is Strange akan berselang enam minggu dari perilisan episode sebelumnya.

(brl/red)