Cari yang gratis, Android versi mendatang tak pakai API dari Java lagi

Cari yang gratis, Android versi mendatang tak pakai API dari Java lagi

Techno.id - Android N, suksesor Android Marshmallow, bakal berbeda jika dibandingkan versi Android terdahulu. Sebab, Google telah mengonfirmasi tak akan membuat OS tersebut dari Application Programming Interface (API) Java lagi. Langkah ini terindikasi diambil guna menghindari konflik dengan pemilik paten Java, Oracle, yang sempat memperkarakan Google sebagai pelanggar hak cipta.

Kepada VentureBeat.com (29/12/15), salah seorang perwakilan Google mengatakan pihaknya akan mengusung OpenJDK, Java Development Kit (JDK) dari Oracle yang berlabel open source. Menurutnya, karena Android adalah platform open source, maka tak selaras jika mereka memakai API dengan lisensi berbayar.

"Google telah lama bekerja sama dan berkontribusi kepada OpenJDK dan kami berharap untuk berkontribusi lebih untuk proyek OpenJDK di masa depan," terangnya pada sumber.

Bagi para developer, migrasi ini dikatakan Google akan menguntungkan. Pasalnya, kode yang dipakai untuk membuat aplikasi Android bakal lebih sederhana. Langkah ini juga mendukung niat Google untuk membuat bahasa pemrograman sendiri di masa depan berbekal OpenJDK yang bebas lisensi itu.

Namun yang cukup mengganjal, kalau OpenJDK lebih sederhana dari API Java, mengapa Google tak beralih dari dulu? Barangkali, Google tak ingin terbelit masalah hukum lagi dengan Oracle yang pernah memperkarakan hal ini 2010 silam. Walau sebenarnya, Google telah dinyatakan sebagai pemenang perkara itu dua tahun kemudian.

(brl/red)