Aplikasi ini mampu mengartikan tangisan bayi Anda

Aplikasi ini mampu mengartikan tangisan bayi Anda

Techno.id - Bayi memiliki bahasa yang unik untuk menyampaikan isi hatinya. Namun, karena belum bisa bicara, kebanyakan bayi akan menangis untuk memberitahukan kepada orang tua bahwa dia sedang menginginkan sesuatu. Sayangnya, para orang tua juga tak mampu memahami arti dari tangisan bayinya.

Untunglah, para ilmuwan di Taiwan begitu baik dan dengan senang hati mau mengembangkan aplikasi penerjemah tangisan bayi. Ilmuwan yang bernama Chang Chuan-yu dan Dr Chen Si-da ini membuat aplikasi Baby Cries Translator. Aplikasi tersebut diklaim mampu membedakan empat suara tangisan, di antaranya karena rasa lapar, popok basah, mengantuk, dan sakit.

Dua peneliti asal Taiwan ini tak asal-asalan dalam membuat sebuah aplikasi. Mereka rela menghabiskan waktu dua tahun untuk mengumpulkan kurang lebih 200.000 suara tangis dari sekitar 100 bayi yang baru lahir. Menurut mereka, aplikasi Baby Cries Translator memiliki keakuratan 92 persen untuk bayi pada usia di bawah dua minggu.

Semakin dewasa bayinya, maka keakuratan aplikasi tersebut akan semakin berkurang. Aplikasi Baby Cries Translator dapat membaca tangisan bayi berusia di bawah satu atau dua bulan dengan akurasi 85 persen, sementara bayi berusia empat bulan, hanya 77 persen.

Setelah melewati usia enam bulan, aplikasi ini tak terlalu berguna karena semua bayi sudah mendapat pengaruh dari lingkungan. Namun, para peneliti percaya bahwa aplikasi Baby Cries Translator bisa berguna untuk orang tua yang baru saja melahirkan anak pertama mereka, seperti yang disampaikan oleh Reuters (30/12/2015).

Selain itu, penggunaan aplikasi Baby Cries Translator juga sangat mudah. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, pengguna hanya perlu menekan tombol rekam selama 10 detik. Kemudian, aplikasi akan merekam suara tangis bayi Anda dan mengunggahnya ke layanan cloud. Lalu, suara tangisan tadi akan dianalisis oleh sistem dan ditampilkan hasilnya. Dari sini Anda akan tahu, bayi Anda menangis karena apa.

Aplikasi ini mampu mengartikan tangisan bayi Anda

(brl/red)