YouTuber ini berhasil ubah kloset duduk jadi PC Gaming, ini caranya

Advertisement

Techno.id - Pernahkah kamu terpikirkan untuk merakit sebuah PC Gaming ke dalam kloset duduk? Jika belum, ide gila tersebut sudah direalisasikan oleh YouTuber gaming Nick Zetta. Ia berhasil memasukan berbagai komponen penting PC Gaming ke dalam kloset duduknya.

Nick Zetta melalui kanal YouTubenya Basically Homeless menceritakan keluhannya saat bermain game konsol. Ia tidak mau repot-repot bolak balik atau bahkan membawa konsol handled ke toilet. Selain itu, ia juga berpikir memainkan game dengan mouse dan keyboard di toilet lebih menyenangkan. Oleh sebab itu, ia terinspirasi dari beberapa gambar yang menunjukkan PC di dalam kloset duduk dan mencoba membuatnya.

Memang part PC yang dipasang ke dalam kloset bisa dilakukan. Tapi sangat riskan terkena air dan terjadi konsleting. Lalu bagaimana Nick mengatasinya? Kali ini techno.id pada Selasa (9/8) akan merangkum cara dari Nick Zetta membuat PC Gaming ke dalam sebuah kloset duduk.

1. Buat rancangan gambar 3D

foto: YouTube/ Basically Homeless

Nick mula-mula membuat sebuah rancangan gambar 3D render PC Gaming kloset milikinya. Ia menggunakan aplikasi Blender untuk mendesain bagaimana bentuk casing PC kloset tersebut. Setelah desain 3Dnya jadi, barulah ia membeli kloset baru untuk di eksekusi.

2. Melakukan pemotongan.

foto: YouTube/ Basically Homeless

Ada beberapa bagian yang perlu Nick potong. Nantinya bagian tersebut akan diberikan kaca agar komponen yang dipasang terlihat. Intinya ia ingin menunjukan bahwa di dalam toilet tersebut ada sebuah perangkat komputer.

3. Pisahkan tempat air dan ruang untuk komponen.

foto: YouTube/ Basically Homeless

Nick kemudian memberikan pemisah untuk wadah air dan komponen komputer. Bahan yang digunakan yaitu plexiglass. Ia mengukur secara presisi tangki air yang akan digunakan. Nick memberikan sealant cair dan flex seal agar tangki tidak mengalami kebocoran. Karena sebelumnya dalam tahap pengujian terdapat kebocoran dalam tangki air.

4. Pasang part PC.

foto: YouTube/ Basically Homeless

Setelah ruangan dalam kloset siap, ia kemudian merakit part-part yang diperlukan agar PC dapat menyala. Ia berulang kali mencoba memasukan komponen agar pas di dalam ruang kloset. Ada beberapa part yang terpaksa ia ganti karena ukurannya terlalu besar. Namun ia akhirnya menemukan part yang pas dengan ruang yang telah disediakan. Untuk urusan perkabelan Nick juga menggunakan ukuran yang pendek-pendek agar tetap bisa masuk.

Untuk komponen yang dipakai Nick yaitu:

- Prosesor: Intel Core i7-12700
- CPU Motherboard: MSI Z690I Unify mini-ITX
- RAM: G.Skill Trident Z5 64 GB
- GPU: Asus Nvidia GeForce RTX 3060
- Monitor: MSI Optix 240 Hz

foto: YouTube/ Basically Homeless

Setelah komponen masuk, ia kemudian merakit kloset PC ke kamar mandi rumahnya. Ia memasang layar monitor dengan dudukannya terlebih dahulu. Kemudian ia memasang tangki air berisi part komputer dengan kloset duduk yang telah ada.

Nick berhasil memasang sebuah PC ke dalam tangki kloset duduk. Usahanya sempat hampir gagal karena ada kebocoran. Namun berkat tekad yang tinggi, kegagalan terbayar lunas karena PC impiannya dapat dioperasikan secara normal.

foto: YouTube/ Basically Homeless

Untuk menyalakan PC tersebut, Nick hanya perlu menekan tombol untuk membuang air saja. Nick mencoba bermain permainan Counter-Strike: Global Offensive atau CS:GO. Tujuannya ia ingin mencoba performa PC Gaming toiletnya. Akhirnya setelah beberapa hari, Nick Zetta berhasil membuat PC Gaming dengan casing kloset duduk yang bisa digunakan untuk "Buang Hajat".


Advertisement


(brl/guf)