Waktu perbaikan kabel optik Telkom yang putus belum bisa diprediksi

Advertisement

Techno.id - Dilansir oleh Antara (26/07/15), General Manager ICT Network Telkomsel regional Papua - Maluku Permata Simarmata mengatakan pihaknya belum bisa memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kabel optik Telkom yang putus di perairan Kabupaten Sarmi pada hari minggu kemarin (26/07).

"Belum bisa diprediksi kapan perbaikannya bisa selesai, kita masih menunggu kabar dari perusahaan jepang yang memiliki Kapal NEC," ujarnya dikutip dari Antara.

Dia juga menambahkan jika upaya perbaikan kabel optik tersebut dilakukan oleh tim teknik dari PT Telkom dan mereka terus berusaha untuk menghubungi Kapal NEC tersebut.

"Teman-teman Telkom sedang melakukan upaya penyambungan dengan menghubungi Kapal NEC dari Jepang," tambahnya.

Masalah ini dikatakan berbeda dengan masalah yang sama pada 20 April 2015 lalu, di mana kabel optik Telkom putus di wilayah perairan Kabupaten Biak Numfor. Simarmata mengatakan, saat itu keberadaan kapal NEC Jepang kebetulan ada di perairan Merauke sehingga waktu tiba di lokasi kerusakan lebih cepat, namun kali ini kapal tersebut belum diketahui sedang berada di mana.

Atas kejadian ini, Simarmata atas nama perusahaannya meminta maaf kepada seluruh pelanggan Telkomsel karena aktivitas mereka kembali terganggu.

"Kami meminta maaf kepada masyarakat Papua atas gangguan yang terjadi," ucapnya.

Sebelumnya, pada minggu (26/07) pagi, kabel optik Telkom atau kerap disebut Sulawesi, Maluku, Papua Cable System (SMPCS) putus di perairan Sarmi, atau tepatnya di 367 KM dari Jayapura menuju Sorong akibat gempa bumi. Akibatnya membuat beberapa wilayah di Indonesia timur mengalami gangguan jaringan.

Advertisement


(brl/red)