Server sudah usang, Microsoft sarankan untuk pindah ke server baru

Advertisement

Techno.id - Walaupun terbilang sudah usang, tapi server Windows 2003 masih diminati di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan data survey yang dilakukan Spiceworks, bila 58% organisasi di Indonesia masih doyan dengan server lawas ini.

Akan tetapi, pengguna Windows server 2003 harus berpikir ulang untuk saat ini. Pasalnya risiko keamanan dan kesempatan untuk melakukan modernisasi menyesuaikan dengan kebutuhan mobile-first dan cloud-first.

Selain itu perusahaan yang masih saja menggunakan server 2003 setelah batas akhir penggunaan maka perusahaan sangat rapuh dan mudah untuk diserang. Hal itu juga diperkuat dengan data dari Secunia, sejak awal januari 2014 telah ditemukan 47 kerentanan server 2003.

Pihak Microsoft juga menegaskan agar semua pelanggan sesegera mungkin beralih ke server 2012 dalam kurun waktu 92 hari ke depan. Bukan tanpa sebab karena adanya tuntutan teknologi yang berubah secara signifikan sejak peluncuran Windows server 2003, 11 tahun silam. Begitu juga dengan ancaman penyerangan keamanan perusahaan yang semakin banyak.

Berdasarkan Merdeka(14/04/15), Aries Triwahyudi sebagai Cloud & Enterprise Business Group Lead Microsoft Indonesia menambahkan "Oleh sebab itu, kami menganjurkan agar konsumen windows server 2003 bermigrasi ke windows server 2012,".

Saat ini ada penurunan pengguna Windows server 2003 sebanyak 7%, sekarang user berada di angka 58 persen semenjak peluncuran Windows server 2012 setahun yang lalu. Namun angka ini masih terbilang masih banyak, pihak Microsoft pun mempunyai target untuk mengurangi angka tersebut dengan mengalihkan penggunaan server 2003 ke server 2012.

Advertisement


(brl/red)