Habiskan dana besar untuk promosi G4, net profit LG merosot 45 persen

Advertisement

Techno.id - Pemasukan LG Electronics Inc. sedang menurun. Seperti diberitakan oleh YonhapNews.co.kr (29/07/15), vendor terkemuka asal Korea Selatan itu hanya mampu mengantongi laba bersih sebesar Rp2,6 triliun sepanjang bulan April sampai Juni 2015. Padahal di tahun lalu di periode yang sama, net profit LG Electronics mencapai Rp4,8 triliun.

Singkatnya, laba LG di kuartal kedua 2015 telah menurun sekitar 45 persen.

Lebih lanjut, sumber yang sama juga menyebutkan sejumlah faktor penyebab menurunnya keuntungan LG. Salah satunya ialah sektor bisnis home entertainment yang mengalami kerugian operasi sebesar Rp950 miliar karena permintaan produk televisi sedunia sedang menurun. Nilai tukar mata uang yang tidak menguntungkan ke USD juga mempengaruhi performa LG dari segi keuangan.

Untuk sektor mobile, termasuk smartphone, performa LG tak jauh berbeda dengan tahun lalu. Mereka memang sukses menuai keuntungan sebesar Rp41,5 triliun, dengan jumlah penjualan mencapai 14,1 juta unit di kuartal kedua 2015. Namun, jumlah penjualan per unit itu lebih rendah 3 persen daripada tahun lalu.

"Profitabilitas segmen mobile pupus gara-gara makin meningkatnya persaingan dan besarnya biaya pemasaran untuk perilisan smartphone G4," terang pihak LG seperti dikutip sumber.

Ke depannya, LG berencana untuk memperkuat portofolionya dengan memproduksi TV high-end dan memotong ongkos produksi. Meluncurkan ponsel dengan harga yang lebih terjangkau dan menyediakan beragam edisi G4 untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda-beda juga menjadi solusi yang akan mereka tempuh.

Advertisement


(brl/red)