Google rilis Bard secara publik, chatbot AI percakapan ini semakin cerdas

Advertisement

Techno.id - Google baru saja merilis AI chatbot kepada publik. Sebelumnya, chatbot bernama Bard ini hanya tersedia secara terbatas pada sebagian pengguna saja. Dilansir dari techcrunch, pengumuman ini disampaikan Google pada developer conference di Google I/O. Pada pengumuman tersebut, Google menegaskan menghapus waitlist. 

Bard saat ini tersedia kepada siapapun di lebih dari 180 negara dan hanya mendukung penggunaan dalam bahasa Inggris, Jepang, dan Korea. Ke depan Google berkomitmen mendukung lebih dari 40 bahasa.

Peluncuran Bard didasarkan semakin bertambahnya kualitas dan kemampuan model AI yang menjadi salah satu peluang paling menarik. Karena itu Google menyediakannya agar orang-orang dapat langsung berinteraksi.

Sekadar informasi, Bard sejatinya eksperimen Google dalam AI percakapan. Nggak heran jika saat ini Google sedang mengembangkan Bard dengan cepat. Sekarang Bard dapat mendukung kapabilitas pemrograman dalam rentang yang luas dan makin cerdas dalam penalaran dan dialog matematika. Bard juga sepenuhnya dijalankan di PaLM 2, sebuah model bahasa pertama yang dinilai mampu mencapai level tingkat tinggi atau ahli dalam pertanyaan berjenis ujian izin medis.

foto: blog.google

Selain meluncurkan Bard, Google juga mengumumkan fitur-fitur baru yang melengkapi AI chatbot ini. Fitur tersebut seperti kata kunci multimodal. Menurut techcrunch, kata kunci multimodal tersebut memungkinkan pengguna menggunakan gambar sebagai kata kunci.

Dilansir dari cnet, Google juga akan memperbaiki dan mengembangkan sistem citasi dari Bard agar lebih presisi. Hal ini merupakan upaya Google untuk menghilangkan salah satu masalah dari AI chatbot yaitu sumber informasi yang digunakan AI sebagai sumber mereka.

Adapun fitur lain dari Bard seperti mampu menampilkan gambar pada jawaban yang diberikan dark mode. Ke depan Google juga akan menyediakan ekstensi Bard di beberapa aplikasi dan layanan mereka.

Pengguna dapat menggunakan Bard dengan mengakses alamat bard.google.com. Setelah itu, masuk menggunakan akun Google.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

Advertisement


(brl/red)