Benarkah planet Bumi bakal ditabrak asteroid pada bulan Maret nanti?

Advertisement

Techno.id - Berbagai teori dan ramalan tentang berakhirnya kehidupan di muka bumi menyeruak di berbagai media. Salah satu teori yang muncul adalah hancurnya planet Bumi setelah ditabrak oleh asteroid besar. Namun lagi-lagi sebuah penelitian ilmiah mementahkan teori tersebut.

Seperti yang telah diberitakan oleh CNET pada hari Rabu (03/02/16) lalu, NASA kembali mengumumkan hasil penelitiannya. Pihak NASA mengatakan bahwa planet Bumi bakal dikunjungi oleh asteroid pada bulan Maret nanti.

Ilustrasi Asteroid 2013 TX68 dan planet Bumi
© 2016 cnet.com/NASA

Bernama Asteroid 2013 TX68, benda luar angkasa yang memiliki panjang 30 meter ini pernah dikabarkan bakal menabrak Bumi. Memang benar bahwa asteroid tersebut bakal mengunjungi Bumi, namun hanya lewat saja, dan bukan menabraknya.

Pada tahun 2013 lalu, NASA berhasil mendeteksi keberadaan asteroid ini saat ia berada dalam jarak 14 juta km dari Bumi. Saat lewat pada bulan Maret nanti, asteroid tersebut akan berada dalam jarak yang cukup aman yaitu 17.000 km dari Bumi.

Para ilmuwan NASA juga mengatakan bahwa tidak ada kemungkinan bahwa asteroid tersebut bakal menabrak planet Bumi. Mereka juga menambahkan bahwa, bahkan jika asteroid tersebut menabrak Bumi, takkan membuat umat manusia punah dari muka Bumi.

 

Advertisement


(brl/red)