Amazon luncurkan Bedrock, jadi saingan ChatGPT dan Dall-E

Advertisement

Techno.id - Amazon mengikuti langkah perusahaan teknologi besar lain dalam pengembangan generative AI dengan memperkenalkan Bedrock. Generative AI Bedrock ini akan bersaing langsung dengan generative AI lain seperti ChatGPT, Bing Chat, ataupun Bard.

Dilansir dari laman unggahan blog di aws.amazon.com, Bedrock adalah sebuah foundation model, kurang lebih sama seperti GPT-4 yang dikembangkan OpenAI. Artinya, Bedrock dapat digunakan sebagai dasar dari pengembangan generative AI.

Hal ini seperti GPT-4 yang digunakan sebagai basis dari beberapa generative AI. Menurut Amazon, Bedrock merupakan solusi bagi pengguna untuk membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis generative AI. Bedrock menjadikan kekuatan dari foundation model dapat diakses perusahaan, baik besar maupun kecil. Bedrock sendiri dapat diakses melalui Application Programing Interface (API).

foto: freepik.com

Bedrock tersedia dalam empat foundation model yang dikembangkan empat pengembang berbeda. Adapun keempat foundation model tersebut adalah Jurrasic-2 dari AI21 labs, Claude dari Anthropic, Stable Diffusion dari Stability AI, dan Amazon Titan.

Sama seperti generative AI lain, Amazon Bedrock juga dapat melakukan hal yang sama seperti dapat digunakan sebagai chatbot, membuat teks, mencari informasi, menyimpulkan sebuah tulisan seperti ChatGPT maupun Bing Chat.

Bedrock juga dapat digunakan untuk membuat gambar melalui Dall-E ataupun Microsoft Image Generator. Hal tersebut dapat dilakukan karena empat foundation models Bedrock memiliki fungsi masing-masing.

foto: aboutamazon.com

Bedrock menawarkan fleksibilitas bagi pengguna untuk memilih foundation models sesuai dengan kebutuhan. Bedrock juga dapat dengan mudah dikustomisasi. Dilansir dari engadget, pengguna dapat mengkustomisasi bagaimana model bekerja berdasarkan input.

Amazon tidak akan menggunakan data dari pengguna untuk melatih model tersebut. Hal ini secara teori memastikan keamanan data pengguna.

Magang: Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

Advertisement


(brl/red)