Akankah program 100 techno park Indonesia akan berjalan lancar?

Advertisement

Techno.id - Dilansir oleh Merdeka.com (07/08/15), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) bersama beberapa Kementerian dikabarkan tengah mewujudkan program 100 techno park hingga tahun 2019 di beberapa kawasan di Indonesia untuk mendorong titik temu antara industriawan dengan peneliti.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Unggul Priyanto, optimis jika program pemerintah ini akan sangat bermanfaat sebagai titik temu antara industriawan dengan peneliti. Namun, dirinya agak pesimis jika program 100 techno park akan berjalan sesuai dengan rencana.

"Saya gak menjamin bahwa semuanya jalan. Karena pada dasarnya Techno park itu tergantung dari pemerintah daerahnya. Jadi BPPT hanya membantu mendampingi perencanaan dari sisi teknologinya. Techno park itu sebagian besar adalah pekerjaan pemerintah daerah," ujarnya dikutip dari Merdeka.com (07/08/15).

Kendati begitu, hingga hampir setahun ini, ia tidak melihat gejala bahwa program ini akan mangkrak. Meski, kata dia, potensi untuk mangkrak akan tetap ada.

"Ini proyek bukan hanya BPPT saja ya, BPPT mengerjakan 9 dari 100 techno park. Sampai saat ini saya tidak melihat potensi itu terjadi. Kan baru setahun nih. Tapi saya melihat banyak hal menuju ke arah baik. Saya juga tidak bilang ke depan tidak ada yang mangkrak. Saya gak bisa bilang begitu. Saya yakin ada tapi bukan hanya BPPT saja ya. Banyak kementerian yang terlibat," terangnya.

Saat ini sudah ada 65 techno park sedang dalam proses pembangunan. Kira kira di 2017 baru bisa dipergunakan. Pembangunan Techno Park ini akan disesuaikan dengan potensi sektor yang berkembang di kabupaten dan kota terkait.

Advertisement


(brl/red)