Keren, pak polisi dari Jepara ini bikin game edukasi lalu lintas!

Advertisement

Techno.id - Berawal dari keprihatinan atas tingginya angka kecelakaan di jalanan juga rendahnya kesadaran masyarakat untuk menaati aturan lalu lintas, AKP Andhika Wiratama lantas memutar otak. Kasat Lantas Polres Jepara Polda Jawa Tengah itu pun akhirnya menggagas sebuah terobosan yang cukup jitu sekaligus unik, yaitu membuat game.

Bersama timnya, termasuk rekannya yang berprofesi sebagai developer game, ia kemudian menciptakan Petualangan Baseta. Game ber-genre edukasi itu ditujukan untuk membantu masyarakat memahami peraturan lalu lintas dengan baik sambil melepas penat.


AKP Andhika Wiratama 2015 kapanlagi.com

Meskipun bertajuk game, Petualangan Baseta bukanlah game asal-asalan. Berdasarkan laporan dari TechInAsia.com (18/05/15), "kurikulum" game itu berkiblat langsung pada buku diktat buatan Korps Lantas Mabes Polri. Ajaran ini jugalah yang selalu dijadikan standar ujian teori permohonan SIM di Indonesia.

Saat ini, Petualangan Baseta sudah disebarluaskan secara umum melalui Google Play Store. Jika Anda tertarik mencoba karya kreatif dari seorang polisi ini, Anda bisa mengunduh game tersebut di link berikut.

Advertisement


(brl/red)