Sama kencang, ini 5 beda spesifikasi Apple MacBook Pro dengan chip M2 Pro dan M2 Max

Advertisement

Techno.id - Belum lama ini, Apple meluncurkan dua buah produk anyar di sektor laptop. Mengusung dua chipset berbeda, Apple MacBook Pro dengan chip M2 Pro dan M2 Max menjadi perbincangan hangat pada kaum penggemar barang elektronik.

Pasalnya, dua MacBook Pro tersebut memiliki kemampuan tinggi berkat chip super kencang yang digunakan. Tak hanya itu, Apple juga memberikan dua varian ukuran layar di angka 14 dan 16 inch yang membuat setiap pengguna bisa mengoperasikannya dengan nyaman.

Meski sekilas terlihat sama, namun MacBook Pro dengan chip M2 Pro dan M2 Max memiliki perbedaan yang bisa dibilang lumayan kentara. Perbedaan paling nampak ada pada kemampuan chip yang diusung dua buah MacBook Pro tersebut. Tak hanya itu, bagian lain seperti memory dan kapasitas storage juga memiliki perbedaan yang lumayan signifikan.

Berkenaan dengan dua produk anyar tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari apple.com pada Selasa (24/1), 5 beda spesifikasi Apple MacBook Pro dengan chip M2 Pro dan M2 Max.

1. Performa

foto: apple.com

Dua varian chip yang disematkan pada Apple MacBook Pro tentu memiliki perbedaan. Meski tidak terlalu nampak, namun Apple MacBook Pro dengan chip Apple M2 Max bisa dibilang sedikit lebih kencang. Apple memberikan CPU 12-core dengan 8 core performa dan 4 core efisiensi dengan GPU 30-core serta Bandwidth memory 400 GB/dtk.

Sedangkan Apple MacBook Pro dengan chip Apple M2 Pro memiliki dua varian CPU dan GPU. Varian pertama hadir dengan CPU 10-core dengan 6 core performa dan 4 core efisiensi dan GPU 16-core. Sedangkan versi kedua, Apple memberikan CPU 12-core dengan 8 core performa dan 4 core efisiensi dengan GPU 19-core. Meski perbedaan yang ditampilkan tidak terlalu besar, namun angka tersebut tentu cukup berpengaruh pada performa yang dihasilkan.

2. Memory

foto: apple.com

Memory atau yang pada laptop dengan sistem operasi Windows biasa disebut dengan RAM menjadi pembeda selanjutnya. Apple MacBook Pro dengan chip M2 Pro memiliki kapasitas memory bawaan di angka 16 GB. Sedangkan Apple MacBook Pro dengan chip M2 Max memiliki memory bawaan di angka 32 GB.

Beda kapasitas hingga dua kali lipat tentu sangat berpengaruh kepada kelancaran penggunaan. Meski dua kapasitas tersebut sudah termasuk besar, namun dapat dibilang bahwa Apple MacBook Pro dengan M2 Max memiliki keunggulan dibanding dengan versi chip M2 Pro.

3. Storage

foto: apple.com

Layaknya sebuah laptop pada umumnya, Apple MacBook Pro dengan chip M2 Pro dan M2 Max tentu dibekali dengan sistem penyimpanan. Kali ini Apple memberikan perbedaan kapasitas di sektor storage dengan perbandingan chip M2 Pro SSD 512 GB, dan chip M2 Max dengan kapasitas SSD 1 TB. Meski sama-sama diupgrade hingga 8 TB, namun beda kapasitas dua SSD ini memberikan perbedaan dalam menyimpan data penting di dalamnya.

4. Dukungan layar

foto: apple.com

Apple MacBook Pro dengan chip M2 Pro hanya memiliki dukungan penggunaan layar tambahan sebanyak dua buah. Dukungan layar dengan resolusi 6K 60 Hz melalui Thunderbolt dan 4K 144 Hz melalui HDMI bisa digunakan pada MacBook seri ini.

Sedangkan Apple MacBook Pro dengan chip M2 Max dapat mendukung empat layar eksternal dengan resolusi tak kalah tinggi. Dukungan pada tiga layar eksternal dengan resolusi 6K 60 Hz melalui Thunderbolt dan satu layar eksternal dengan resolusi 4K 144 Hz melalui HDMI.

Dua perbedaan tersebut tentu memberikan kenyamanan berbeda saat menggunakan layar tambahan. Meski sudah mendukung resolusi dan refresh rate yang sama, namun kapasitas layar atau monitor yang ditambahkan berbeda.

5. Harga

foto: apple.com

Jelas saja harga Apple MacBook Pro dengan chip M2 Pro dan M2 Max mengalami perbedaan. Di atas kertas, spesifikasi yang disematkan juga cukup berbeda. Harga dari Apple MacBook Pro dengan chip M2 Pro sendiri memiliki beberapa varian sebagai berikut.

MacBook Pro 14 inci M2 Pro (16/512 GB SSD): 1.999 dollar AS atau setara Rp 30,35 juta
MacBook Pro 14 inci M2 Pro (16/1 TB SSD): 2.499 dollar AS atau setara Rp 37,9 juta
MacBook Pro 16 inci M2 Pro (16/512 GB SSD): 2.499 dollar AS atau setara Rp 37,9 juta
MacBook Pro 16 inci M2 Pro (16/1 TB SSD): 2.699 dollar AS atau setara Rp 40,98 juta

Sedangkan harga dari Apple MacBook Pro dengan chip M2 Max berada cukup jauh di atas MacBook Pro dengan chip M2 Pro. Daftar harga Apple MacBook Pro dengan chip M2 Max bisa disimak pada daftar berikut.
MacBook Pro 14 inci M2 Max (32 GB/1 TB SSD): 3.099 dollar AS atau setara Rp 47,05 juta
MacBook Pro 16 inci M2 Max (32 GB/1 TB SSD): 3.499 dollar AS atau setara Rp 53,1 juta


Advertisement


(brl/guf)