Oppo Reno9 Series miliki chipset berbeda, ini spesifikasi lengkapnya

Advertisement

Techno.id - Oppo secara resmi merilis varian Reno terbarunya. Kali ini mereka mengeluarkan tiga seri yaitu, Oppo Reno9, Oppo Reno9 Pro, dan Oppo Reno9 Pro+. Ketiganya diberikan peningkatan terutama di sektor dapur pacu.

Oppo Reno9 Series mengusung chipset berbeda. Oppo Reno9 dan Reno9 Pro membawa chip bentukan MediaTek. Sedangkan seri paling tinggi Reno9 Pro+ dibekali dengan chip bentukan Qualcomm.

Tentu chip yang terpasang di Reno9 Series diklaim mampu menunjang aktivitas gaming dan multitasking secara lancar. Lantas bagaimana dengan spek smartphone anyar bentukan Oppo tersebut?

Pada kesempatan ini Rabu (30/11), techno.id akan memberikan spesifikasi lengkap dari Oppo Reno 9 dan Reno 9 Pro.

1. Desain body.

foto: oppo.com

Oppo Reno9 dan Reno9 Pro memiliki desain yang identik. Body dari kedua ponsel tersebut berukuran tipis dan ringan, 162.3 x 74.2 x 7.2 mm bobot 174 gram saja. Casing belakang dibuat dengan material kaca, membuatnya tampak lebih mewah. Frame dibuat melengkung dengan material plastik kokoh.

Lebih lanjut, modul kamera tidak terlalu menonjol dengan dua sensor lensa berdiameter cukup besar. Terdapat tulisan MariSilicon X, menandakan perangkat dibekali chip untuk peningkatan kualitas hasil foto. Untuk Oppo Reno9 terdapat varian warna merah yang ditawarkan.

2. Panel display.

foto: oppo.com

Baik Oppo Reno9 maupun Reno9 Pro memiliki layar dengan tipe AMOLED berukuran 6,7 inchi. Layar memberikan tampilan grafis resolusi Full HD+ 1080 x 2412 pixel kerapatan 393 ppi density. Screen dari duo smartphone tersebut dapat mencapai refresh rate hingga 120 Hz dan dapat mencapai kecerahan maksimal di 950 nits peak. Tak ketinggalan panel telah mengantongi sertifikasi dari HDR10+. Oppo memberikan pelindung layar dari Asahi Glass AGC DT-Star 2, agar terhindar dari baret.

3. Dapur pacu.

foto: oppo.com

Perbedaan paling terlihat dari Oppo Reno9 dan Reno9 Pro terletak di sektor dapur pacu. Seri Oppo Reno9 Pro menggunakan chipset bentukan MediaTek Dimensity 8100-Max. Chip memiliki fabrikasi TCSM 5nm, dan diklaim memiliki peningkatan rasio efisiensi CPU 25%, dan peningkatan rendering di grafis GPU hingga 29%.

Chipset yang diusung Oppo Reno9 Pro dapat memberikan performa tinggi untuk kegiatan gaming lancar, efisien dan tahan lama. SoC didukung dengan kapasitas RAM LPDDR5 16 GB dan ROM UFS 3.1 hingga 512 GB. Lebih lanjut, perangkat juga dibekali chip yang dikembang Oppo yaitu MariSilicon X.

Sedangkan Oppo Reno9 menggunakan chipset bentukan Qualcomm tipe Snapdragon 778 5G dengan fabrikasi 6 nm. Chip diklaim mampu meningkatkan performa CPU dan GPU hingga 45%. Terdapat sistem Ai yang mampu memberikan kelancaran perangkat kala dipakai bermain game. SoC di varian ini didukung oleh RAM LPDDR5 hingga 12 GB dan ROM UFS 3.1 mencapai 512 GB.

Kedua smartphone sudah memakai sistem operasi basis Android 13 dengan interface ColorOS 13. Kemudian bagian dapur pacu juga diberikan teknologi pendinginan grafit superkonduktor dengan area 5600mm2.

4. Kamera.

foto: oppo.com

Oppo Reno9 menggunakan sistem dual camera. Kamera utama memakai lensa wide resolusi 64 MP, dengan teknologi sensor PDAF. Kamera ditemani dengan lensa depth resolusi 2 MP. Adapun untuk kamera selfie menggunakan lensa 32 MP.

Sedangkan untuk Oppo Reno9 Pro memakai lensa wide resolusi 50 MP multi-directional PDAF sebagai kamera utama. Meski demikian, Oppo memilih menyandingkan kamera utama dengan lensa ultra-wide resolusi 8 MP dengan kemampuan menangkap angle hingga 112 derajat. Beralih ke kamera selfie, varian ini memakai lensa wide resolusi 32 MP.

5. Baterai.

foto: oppo.com

Oppo Reno9 dan Reno9 Pro membawa baterai dengan daya 4.500 mAh. Oppo memberikan kelengkapan berupa fast charging hingga 67 Watt. Terdapat chip pelindung agar baterai lebih awet dan masa pakai lebih lama. Oppo mengklaim baterai mampu bekerja secara maksimal selama 4 tahun, sebelum mengalami penurunan.


Advertisement


(brl/guf)