Desktop ultraslim Asus PL64 mini PC resmi rilis, ini spesifikasi lengkapnya

Advertisement

Techno.id - Asus merupakan salah satu perusahaan barang elektronik yang tidak asing di telinga banyak orang. Hampir semua produk bikinan Asus banyak dipilih oleh konsumen sebagai daily driver untuk mempermudah keperluan. Popularitas Asus tentu bukan tanpa alasan, konsistensi Asus dalam menghadirkan produk unggulan patut diacungi jempol.

Belum lama ini Asus merilis produk anyar di sektor desktop ultraslim dengan spesifikasi mumpuni. Rilis dengan nama Asus PL64 mini PC, desktop tipis dan ringan satu ini menjadi perangkat yang andal dalam hampir segala lini. Pasalnya, Asus membekali PL64 mini PC dengan spesifikasi tinggi di sektor processor.

Processor garang dari Intel generasi 12 membuat perangkat satu ini mampu menjalankan aplikasi berat tanpa memerlukan banyak usaha. Tak hanya hadir dengan kemampuan andal berkat processor yang disisipkan, komponen pendukung lain dari Asus PL64 mini PC juga tidak bisa dianggap remeh. RAM dan storage dengan kapasitas besar, Port lengkap, serta koneksi kekinian menjadi nilai jual tambahan dari produk satu ini.

Berkenaan dengan produk anyar tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (22/12), spesifikasi lengkap Asus PL64 mini PC.

Spesifikasi Asus PL64 mini PC

foto: asus.com

Asus PL64 mini PC merupakan desktop ultraslim yang hadir sebagai terobosan anyar bagi pencari komputer ringkas namun memiliki spesifikasi tinggi. Desain ringkas dari Asus PL64 mini PC menjadi nilai jual utama. Pasalnya, desktop ultraslim satu ini hadir dengan dimensi hanya 199.7 x 119.7 x 33.9mm dengan bobot 1 kg yang dibalut warna ECO Black.

Dengan dimensi dan bobot tersebut, empunya perangkat mini satu ini bisa menyimpan dan meletakkannya dengan mudah. Terlebih varian warna ECO Black yang dipilih Asus membuat Asus PL64 mini PC bisa terlihat seperti sebuah router Wi-Fi. Dengan tampilan tersebut, tentu bukan menjadi masalah jika Asus PL64 mini PC ditempel pada dinding atau lokasi lainnya.

foto: asus.com

Desain minimalis dengan bobot yang ringan tentu bukan nilai jual satu-satunya dari Asus PL64 mini PC. Asus memberikan jeroan kencang khususnya di sektor dapur pacu dan kartu grafis. Tiga varian processor Intel Core i7-1255U, i5-1235U, i3-1215U, serta Celeron 7305 (cTDP 15W) bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tiga varian processor tersebut tentu memiliki performa yang berbeda. Namun sebagai processor Intel yang termasuk masih anyar, proforma yang ditawarkan tidak akan mengecewakan. Untuk memangkas dimensi pada PL64 mini PC, Asus memilih dua kartu grafis Integrated Intel Iris Xe Graphics (i5/i7) dan Intel UHD Graphics (i3) yang bisa dibilang cukup.

foto: asus.com

Layaknya sebuah desktop ultraslim dengan bobot yang ringan, Asus mengorbankan sektor lain yang sebenarnya penting yakni RAM dan storage. Dalam paket penjualannya, setiap pembeli tidak akan mendapat RAM maupun storage yang tertanam di dalamnya. Bisa dibilang jika meminang desktop ultraslim satu ini, setiap pembeli diminta untuk belanja lagi di sektor RAM dan storage.

Meski menjadi salah satu kekurangan, namun Asus masih memikirkan kenyamanan setiap pengguna. Nyatanya, PL64 mini PC hadir dengan slot RAM 2 x SO-DIMM , DDR4-3200 MHz yang bisa diupgrade hingga 64 GB dengan modul serupa. Tak hanya itu, 2 x M.2 2280 Gen 4x4 juga bisa diisi dengan kapasitas 256 GB, 512 GB, hingga 1 TB. Dengan banyaknya opsi upgrade yang ditawarkan, setiap pembeli tentu bisa menyesuaikan penggunaan perangkat satu ini.

foto: asus.com

Agar pengguna semakin mudah dalam mengoperasikan PL64 mini PC, Asus memberikan koneksi wireless yang bisa diandalkan. Intel WiFi 6E/ 6 bisa digunakan untuk membuat perangkat ini terhubung dengan koneksi internet.Tak hanya itu, Bluetooth 5 (2*2) juga hadir agar empunya perangkat ini bisa mengirim serta menerima file tanpa ada gangguan.

Selain dibekali koneksi wireless papan atas, Asus PL64 mini PC juga hadir dengan I/O port melimpah di hampir setiap sisi body desktop ultraslim tersebut. Port 3 x USB 3.2 Gen 2, 2 x COM (RJ50; support RS232, 422, 485 ), dan 1 x Audio jack (Line out/ Mic in/ Headphone out) hadir pada sisi depan Asus PL64 mini PC.

foto: asus.com

Pada bagian samping kiri, Asus PL64 mini PC memiliki port 2 x USB 3.2 Gen 1 dan 1 x Kensington lock. Penempatan port terakhir ada di bagian belakang yang bisa dibilang paling lengkap. Asus menyematkan port 3 x HDMI® 2.0 port, 1 x Intel (RJ45) 2.5G LAN, 1 x Intel (RJ45) 1G LAN, 1 x EDID reset, 2 x Antenna Jack, dan 1 x DC-in yang bisa digunakan dengan nyaman.

Dengan banyaknya port yang disediakan, menghubungkan perangkat ini dengan banyak aksesori tentu bisa dilakukan dengan mudah. Setiap pembeli tidak perlu khawatir kehabisan port mengingat saking banyaknya opsi I/O port yang ditawarkan pada Asus PL64 mini PC.

Harga dari Asus PL64 mini PC sendiri hingga artikel ini tayang masih belum terkonfirmasi. Namun perangkat satu ini sudah pasti akan rilis di pasaran. Pasalnya, secara resmi Asus sudah mengunggah spesifikasi PL64 mini PC dalam website resmi mereka.


Advertisement


(brl/guf)