Microsoft jajal kemungkinan Windows 10 digunakan pada Android

Advertisement

Techno.id - Di akhir pengumuman resminya mengenai peluncuran Windows 10, Microsoft juga mengumumkan bahwa perusahaan ini akan menjajal kemungkinan OS terbaru tersebut dapat digunakan pada smartphone Android. Yang lebih mengejutkan bahwa raksasa teknologi tersebut hendak menggandeng vendor asal Tiongkok, Xiaomi, untuk proses uji coba ini.

Pihak Microsoft mengatakan bahwa mereka akan mulai menawarkan download gratis Windows 10 bagi pengguna smartphone Xiaomi MI4. Pengguna Xiaomi MI4 akan mendapatkan akses untuk mengganti sistem OS ponsel mereka dengan Windows 10, untuk kemudian memberikan umpan balik, baik kepada Microsoft maupun Xiaomi.

Dilansir oleh TechCrunch (18/3/15), sejatinya Microsoft tidak menawarkan software dengan pilihan dual boot pada uji coba yang dilakukan pada Xiaomi MI4. Namun, Microsoft 'hanya' menawarkan ROM, berbasis Windows, yang beroperasi layaknya software dari Cyanogen dan ROM kustom lainnya seperti yang dikembangkan oleh Baidu sebelumnya di Tiongkok. ROM ini dirancang untuk memberi pengalaman layaknya menggunakan Windows bagi para pengguna ponsel Android.

Dipilihnya Xiaomi untuk uji coba proyek ini, memang tidak lepas dari kebiasaan masyarakat Tiongkok yang lebih cenderung untuk menginstal ROM sendiri. Terlebih karena akses terhadap aplikasi pihak ketiga di Google Play sangat terbatas di sana. Selain itu, pengguna Xiaomi adalah orang yang paling kooperatif untuk memberikan umpan balik pada pembaruan software setiap minggunya.

Kerja sama ini sendiri memungkinkan Microsoft maupun Xiaomi untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna di Tiongkok mengenai pengalaman mereka dengan Windows 10 dan juga berkolaborasi untuk mengembangkan produk dan layanan untuk platform di negeri Tirai Bambu tersebut.

Advertisement


(brl/red)