Cara mengatasi layar sentuh iPhone macet, mudah dilakukan

Advertisement

Techno.id - HP merupakan alat elektronik yang seringkali dipakai dan sangat penting digunakan untuk berkomunikasi, baik itu Android atau iPhone. Mereka bahkan rela merogoh kocek berapa pun untuk membeli ataupun memperbaiki alat yang satu ini. Apalagi ketika dalam keadaan rusak atau mengalami masalah.

Contohnya ketika iPhone yang mengalami disfungsi layar sentuh yang macet. Tentunya hal tersebut akan membuat panik pengguna dikarenakan kekhawatirannya terhadap gadget kesayangannya tersebut.

Penyebab layar sentuh iPhone macet bisa jadi kelalaian pengguna di dalam menggunakan gadget tersebut. Diantaranya menggunakannya iPhone sambil mengisi daya, menjejali iPhone dengan kapasitas aplikasi yang berat dan masih banyak lagi. Namun, kamu jangan khawatir karena terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah layar sentuh macet tersebut dengan cepat, simpel dan mudah dilakukan.

Berikut lebih jelasnya, techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada hari Selasa (11/10), cara mengatasi layar sentuh iPhone macet.

Restart iPhone secara paksa (Hard Reboot)

foto: pexels.com

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ketika laya sentuh macet adalah dengan melalui cara merestart atau mematikan paksa HP iPhone terlebih dahulu. Adapun ini bertujuan untuk menyegarkan kembali sistem dikarenakan masalah bug yang terjadi pada gadget. Adapun cara untuk merestart paksa adalah sebagai berikut:

- Tekan dan lepas tombol volume atas secara cepat
- Tekan dan lepas tombol volume bawah secara cepat
- Kemudian, tekan dan tahan terus menerus tombol power sampai muncul logo Apple dan lepaskan.
- Lalu, setelah mati tekan tombol power untuk menyalakannya kembali

Update iOS

foto: pexels.com

Selain cara merestart HP, cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi laya sentuh yang macet adalah dengan melalui Update iOS. Update iOS sendiri seringkali bisa untuk membantu berbagai masalah yang muncul pada HP. Seperti masalah layar sentuh macet salah satunya.

Adapun untuk mengupdate iOS tersebut kamu bisa melakukannya melalui cara-cara berikut. Pertama kamu bisa mengeditnya dengan Over The Air (OTA), kedua melalui mengupgradenya langsung di menu pengaturan iPhone dan yang terakhir melalui aplikasi
iTunes di desktop.

Bersihkan permukaan layar (layar sentuh)

foto: pexels.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah layar iPhone macet adalah dengan melalui pembersihan permukaan layar (layar sentuh). Karena biasanya debu ataupun cairan sedikit pun akan bisa menghambat proses kinerja di gadget kamu.

Adapun untuk membersihkannya kamu diharuskan untuk menggunakan bahan yang halus (tidak korosif dan merusak) seperti misalnya kain ataupun tisu. Kemudian setelah dibersihkan cobalah kembali layar iPhone kamu untuk disentuh.

Lepaskan kabel data untuk mengecas (USB Cable)

foto: pexels.com

Hal yang sering dilakukan banyak orang sekarang ini adalah menggunakan gadget mereka ketika mengisi daya. Padahal dari situlah masalah bermulai dan terjadi, dikarenakan proses kinerja HP yang terus dipacu dan digenjot sehingga menyebabkan aus pada mesin, sehingga mesin tidak bisa memberikan kinerja secara maksimal.

Hal ini juga yang seringkali menjadi masalah terjadinya banyak bug baik itu macet ataupun freeze pada HP. Maka dari itu, alangkah baiknya ketika HP kamu sedang mengisi daya dibiarkan terlebih dahulu sampai penuh dan jangan dipakai beraktivitas.

Lepaskan Screen Guard (Tempered Glass)

foto: pexels.com

Screen Guard (Tempered Glass) merupakan alat pelindung layar HP yang sering digunakan untuk menahannya dari gesekan dan benturan yang menyebabkan lecet dan rusak. Adapun hal ini sebenarnya baik digunakan.

Akan tetapi, terdapat larangan yang memang seharusnya tidak dilakukan yaitu memberikan Screen Guard yang sangat tebal pada HP. Karena hal ini akan memicu terhambatnya jari kamu terscan di dalam aktivitas bermain HP. Maka, lebih baiknya kamu menggantinya dengan Screen Guard yang sekiranya lebih tipis dan aman di dalam penggunaannya.

Kosongkan penyimpanan

foto: pixabay.com

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar macet adalah dengan melalui cara mengosongkan penyimpanan di iPhone. Karena masalah penyimpanan di HP juga bisa menjadi masalah utama layar macet. Penyimpanan HP yang penuh akan menghambat berbagai kinerja HP di dalam menjalankan tugasnya. Biasanya hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang berada di HP.

Adapun cara mengosongkan penyimpanan tersebut adalah dengan cara sebagai berikut:

- Langkah pertama, buka menu "Settings" di iPhone
- Lalu, tekan opsi "General"
- Pilih "Storage & Usage"
- Setelah itu, pilihlah "Manage Storage"
- Kemudian pastikan masih terdapat ruang kosong sekitar ratusan MB atau sampai satu GB
- Selanjutnya langkah terakhir yang bisa kamu lakukan setelah menghapus aplikasi iOS adalah memeriksa kembali penyimpanan dan restart kembali iPhone kamu

Perbarui dan hapus aplikasi

foto: pixabay.com

Kemudian cara lainnya adalah dengan melalui pembaharuan dan penghapusan aplikasi. Hal ini dinilai cukup jitu dan ampuh untuk mengembalikan kembali performa layar HP iPhone yang macet tersebut.

Adapun untuk cara memperbaharui aplikasi, kamu bisa melakukannya di aplikasi Play Store HP kamu. kemudian ketika kamu telah memperbaharui masalah belum selesai, maka caranya kamu harus menghapus atau menguninstal aplikasi tersebut. Adapun caranya sangat mudah cukup dengan menekan agak lama di bagian aplikasi sampai memunculkan tulisan Uninstall di atasnya.

Restore iPhone

foto: pixabay.com

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah iPhone macet adalah dengan cara merestore HP. Restore HP sendiri merupakan kegiatan membackup data ke aplikasi atau website untuk disimpan dengan aman.

Restore HP ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan tambahan aplikasi yang telah disediakan Apple sendiri yaitu iTunes. Namun, sebelum melakukannya pastikan terlebih dahulu semua data yang kamu punya telah di backup dengan baik. Karena kegiatan ini akan menghapus semua data yang tersimpan di iPhone kamu secara permanen.

Mengganti layar sentuh dengan yang lebih baru

foto: pixabay.com

Cara yang berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah iPhone macet adalah dengan cara mengganti layar sentuh dengan yang lebih baru. Karena hal ini cukup efektif dan ampuh untuk mengatasinya.

layar sentuh yang sudah lama biasanya akan mengalami penurunan kinerja dari waktu ke waktu karena penggunaannya. Maka dari itu, layar sentuh juga perlu yang namanya pembaharuan.

Magang: Irvan Ahmad Fauzi

Advertisement


(brl/guf)